Dampak kegiatan keagamaan pada perubahan perilaku individu : Penelitian di DKM Al-Mujahidin Perumahan Garut City Residence

Husnan, Muhammad Dzulfikar (2023) Dampak kegiatan keagamaan pada perubahan perilaku individu : Penelitian di DKM Al-Mujahidin Perumahan Garut City Residence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan perilaku individu di masyarakat yang disebabkan oleh kegiatan keagamaan adalah fenomena yang umum terjadi di banyak komunitas. Kegiatan keagamaan memiliki dampak signifikan dalam membentuk nilai-nilai, norma, dan etika sosial yang menjadi dasar perilaku individu, karena setiap individu cenderung berubah-rubah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain sesuai dengan fakta sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Padatnya kegiatan keagamaan yang diprogramkan oleh DKM AL-Mujahidin di lingkungan Perumahan Garut City Residence menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap perubahan individu dan masyarakat dalam membangun solideritas dan kesadaran nilai-nilai keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kegiatan keagamaan di Masjid Al-Mujahidin Perumahan Garut City Residence, 2) mengetahui faktor pendorong individu mengikuti kegiatan keagamaan di Masjid Al-Mujahidin Perumahan Garut City Residence, 3) mengetahui dampak kegiatan keagamaan pada perubahan perilaku individu di Masjid Al-Mujahidin Perumahan Garut City Residence. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori fakta sosial oleh Emile Durkheim yang menyatakan bahwa pola-pola perilaku, gagasan, norma-norma yang ada di masyarakat dan berlaku secara eksternal terhadap individu. Fakta sosial tidak tergantung pada kehendak atau kemauan individu, tetapi merupakan hasil dari keberadaan masyarakat itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus DKM Al-Mujahidin dan masyarakat Perumahan Garut City Residence. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer; Kegiatan keagamaan DKM Al-Mujahidin dan sumber sekunder; skripsi, jurnal, buku dan bahan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan keagamaan yang telah diprogramkan oleh DKM Al-Mujahidin di Perumahan Garut City Residence memiliki dampak yang signifikan pada perubahan perilaku individu. Agenda kegiatan keagamaan yang padat memainkan peran penting dalam membentuk ikatan sosial dan dorongan bagi setiap individu. Terbukti dengan adanya perubahan interaksi dan kerjasama yang baik di tengah masyarakat, sehingga masyarakat menjadi lebih terkoneksi, lebih kokoh, dan lebih terbuka dalam berinteraksi satu sama lain, baik dalam aspek sosial maupun aspek keagamaan. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Masyarakat Perumahan, DKM, Perubahan Perilaku Individu, Fakta Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Keagamaan; Masyarakat Perumahan; DKM; Perubahan Perilaku Individu; Fakta Sosial.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Dzulfikar Husnan
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:14
Last Modified: 07 Sep 2023 02:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75614

Actions (login required)

View Item View Item