Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Assets pada perusahaan subsektor makanan dan minuman di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2017-2021

Suhardi, Elvira Zahra Alginusa (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Assets pada perusahaan subsektor makanan dan minuman di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Return On Assets (ROA) menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aset yang digunakan. Current Ratio (CR) adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek atau utang yang segera jatuh tempo pada saat ditagih secara keseluruhan. Semakin tinggi Current Raio (CR), semakin rendah laba bersih yang diperoleh dari penggunaan aset. Debt to Equity Ratio (DER) adalah suatu rasio leverage digunakan untuk menilai ekuitas utang, rasio ini dicari dengan membandingkan seluruh utang, termasuk utang lancar dengan seluruh ekuitas. Semakin tinggi Debt to Equity Ratio (DER), semakin rendah laba bersih diperoleh dari penggunaan aset. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatahui serta menganalisa pengaruh Current Raio (CR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) dan memahami serta menganalisa pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), memahami dan menganalisa pengaruh Current Raio (CR), Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Assets (ROA). Kerangka pemikiran penelitian ini dilandaskan pada teori bahwa Current Raio (CR) mengalami kenaikan Debt to Equity Ratio pun mengalami kenaikan, begitupun sebaliknya apabila Current Raio (CR) mengalami penurunan maka Debt to Equity Ratio pun ikut mengalami penurunan. Dan apabila Debt to Equity Ratio naik dan Current Raio (CR) akan ikut naik, Return On Assets (ROA) akan mengalami penurunan dan sebaliknya apabila Debt to Equity Ratio turun maka Return On Assets (ROA) akan mengalami kenaikan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantiratif. Sumber data yang digunakan ialah data panel dimana terdapat data Cross Section dan Time series yang didapat dari data keuangan yang dipublish oleh perusahaan makanan dan minuman periode 2017-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi data panel ( Uji Chow dan Uji Hausman), analisis koefesien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji signifikan parsial/Uji T) dan uji signifikan simultan (Uji F). Hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa Current Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets. Hal ini juga bisa ditunjukan dengan nilai Thitung -0.095644. Hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa Debt to Equity Ratio bepengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Equity , Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai Thitung -0.226657. Hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets. Hal ini dilihat dari perbandingan Fhitung yaitu 21.27983 yang berarti kedua variabel ini berpengaruh secara simultan terhadap Return On Assets sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Assets
Subjects: Bahasa Arab
Financial Economics, Finance
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Elvira Zahra Alginusa Suhardi
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:43
Last Modified: 07 Sep 2023 04:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75620

Actions (login required)

View Item View Item