Dampak pembangunan Mall terhadap perilaku konsumtif remaja: Penelitian di Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon

Fikri, Muhammad Aziz (2022) Dampak pembangunan Mall terhadap perilaku konsumtif remaja: Penelitian di Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman sekarang kehidupan para remaja telah mengenal gaya hidup yang modern atau modis. Hal itu dapat terlihat dari cara mereka mengenakan barang-barang atau pun pakaian yang bermerek. Tidak menutup kemungkinan barang tersebut kebanyakan didapatkan dari kegiatan berbelanja di mall dengan harga yang mahal dibandingkan dengan barang-barang yang di jual di luar mall. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui perilaku konsumtif remaja sebelum adanya pembangunan mall 2)Untuk mengetahui perilaku konsumtif remaja setelah adanya pembangunan mall 3)Untuk mengetahui faktor faktor penyebab remaja berperilaku konsumtif setelah adanya pembangunan mall. Berangkat dari teori Masyarakat Konsumsi yang diperkenalkan oleh Jean Baudrillard seorang sosiolog sekaligus filsuf perancis, Baudrillard menilai Teori Masyarakat Konsumsi tercipta melalui beberapa tahapan-tahapan diantaranya melalui objek-objek dimana seseorang dalam masyarakat konsumer menemukan makna dan eksistensi dirinya. adanya fungsi-fungsi objek konsumer bukan pada nilai guna atau manfaat suatu barang dan benda melainkan tanda atau simbol yang disebar luaskan melalui iklan-iklan gaya hidup masyarakat media. Dengan mengonsumsi tanda atau simbol menjadikan konsumer menyamakan realitas sama dengan tanda-tanda. Diperadaban konsumsi ini masyarakat mengkonsumsi bukan di dasarkan lagi pemanfaatan kegunaan atau makna tetapi memfokuskan pada tanda atau simbol yang sifatnya simulasi untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain yang mempunyai nilai prestise. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh adalah bersumber data primer yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berupa jurnal, buku, internet, dan skripsi terdahulu yang mendukung penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja cenderung berperilaku konsumtif meskipun sebelum adanya mall berdasarkan dari kegiatan yang mereka lakukan seperti membeli barang secara berlebihan dan menikmati tempat rekreasi dalam durasi jangka waktu yang lama. Setelah adanya mall remaja semakin lebih banyak dan lebih beragam untuk berperilaku konsumtif tetapi ada beberapa remaja yang tidak berperilaku konsumtif berdasarkan dari berbelanja atau shooping mall, makan makanan cepat saji dan menikmati hiburan. Berbelanja merupakan menjadi cerminan gaya hidup bagi remaja, berbelanja menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dirubah. Faktor yang mempengaruhi remaja berperilaku konsumtif setelah adanya mall antara lain pengaruh dari gaya hidup kekinian, Pengaruh dari lingkungan pertemanan, Pengaruh dari banyaknya iklan di berbagai media di era modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mall; Perilaku Konsumtif; Remaja
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Aziz Fikri
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:57
Last Modified: 07 Sep 2023 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75663

Actions (login required)

View Item View Item