Hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial penelitian korelasi dilakukan di MI Al Misbah Kota Bandung

Ummah, Anni Nashirrotul (2023) Hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial penelitian korelasi dilakukan di MI Al Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

Anni Nashirrotul Ummah (1192090012) “Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS”. Skripsi Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 2023. Kompetensi profesional guru sangat berperan penting terhadap hasil belajar siswa. Namun, di lapangan masih beberapa pendidik kurang menguasai materi yang akan diajarkan, saat menjelaskan materi pembelajaran guru terlalu terpatok pada buku tematik sehingga kurang mengexplore materi pembelajaran. Saat menjelaskan materi pembelajaran guru terlalu terpatok pada buku tematik sehingga kurang mengembangkan materi pembelajaran. Hal tersebut dapat mempengaruhi kurangnya timbal balik dari siswa saat guru menjelaskan, dan juga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru di kelas IV MI Al Misbah, mengetahui hasil belajar siswa kelas IV MI Al Misbah, dan mengetahui hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Al Misbah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al Misbah Kota Bandung, dengan sampel yang diambil yaitu keseluruhan siswa kelas IV MI Al Misbah Kota Bandung yang berjumlah 50 orang siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, analisis korelasional dengan menggunakan rumus spearman rank, dan uji linearitas. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa kompetensi profesional guru Kompetensi profesional guru berada pada kategori tinggi sebanyak 60%. Jika dilihat dari rata-ratanya kompetensi profesional berada pada nilai 3,68 yang dikategorikan baik karena termasuk kedalam rentang 3,40-4,19. Sedangkan untuk hasil belajar sebanyak 66% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM, dan sebanyak 34% siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial memiliki hubungan yang sangat rendah, hal tersebut terlihat pada hasil hitung uji korelasi spearman rank, bahwa rhitung 0,038 termasuk pada kategori 0,00 – 0,19 yang berarti sangat rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa dengan tingkat yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Kompetensi Profesional
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anni Nashirrotul Ummah
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:03
Last Modified: 07 Sep 2023 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75743

Actions (login required)

View Item View Item