Peran manaqib terhadap solidaritas sosial : Studi kasus terhadap masyarakat RT03/RW04 Kampung Rawa, Desa Calincing, Kec. Sukahening, Kab. Tasikmalaya

Bahri, Feby Samsul (2023) Peran manaqib terhadap solidaritas sosial : Studi kasus terhadap masyarakat RT03/RW04 Kampung Rawa, Desa Calincing, Kec. Sukahening, Kab. Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari untuk membaca globalisasi yang begitu cepat dan secara tidak langsung merenggangkan solidaritas sosial antar individu. Manaqib sebagai bagian dari tasawuf dianggap menjadi kegiatan keagamaan yang dapat merekatkan sosial kemasyarakatan dan menguatkan solidaritas sosial. Berdasarkan hal tersebut kemudian disusun penelitian seputar manaqib yang dilaksanakan di KP. Rawa, Desa Calincing, Kab. Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Pengertian solidaritas sosial, b) metode manakib yang diterapkan di Desa Calingcing, Kab. Tasikmalaya, dan c) sejauh mana pengaruh pengamalan manaqib Syekh Abdul Qadir Jaelani terhadap solidaritas sosial di Kampung Rawa,Desa Calingcing, Kab. Tasikmalaya. Hasil penelitian ini terdiri dari beberapa poin penting, diantaranya: a) manaqib merupakan suatu peringatan dan refleksi untuk mengenang wafatnya seorang wali legendaris, yakni Syaikh Abdul Qadir al Jailani yang dianggap sebagai shulthanu auliya. b) manaqib di Mesjid Inabah Kampung Rawa dilaksanakan rutin dan sistematis mulai dari pembukaan, tawasul, pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Jaelani, doa bersama dan penutup. c) sekalipun manaqib amalan keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan mengalap berkah, namun juga di satu sisi bakal berdampak pada aspek sosial kemasyarakatan, seperti menumbuhkan rasa tolong menolong dan rasa simpatik terhadap sesama. Setelah melaksanakan penelitian ini dan mendapatkan berbagai informasi, maka penulis menemukan hasil penelitian bahwa penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi mahasiswa ataupun akademisi lain dalam melaksanakan penelitian dengan tema yang serupa atau berkaitan. Namun penting kiranya untuk mengkoreksi dan mengembangkan kembali penelitian ini,terutama untuk memperluas literatur dan menambah referensi isi pembahasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manaqib; solidaritas sosial; masyarakat; globalisasi; tasawuf
Subjects: Ethics of Social Relations
Islam
Islam > Sufi Orders
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Linda Winingsih
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:23
Last Modified: 07 Sep 2023 06:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75761

Actions (login required)

View Item View Item