Partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kawasan Wisata Talaga Bodas : Penelitian di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

Abdillah, Hasbi (2023) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kawasan Wisata Talaga Bodas : Penelitian di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adaya partisipasi masyarakat dalam upaya untuk pengembangan kawasan wisata Talaga Bodas. Hal tersebut terjadi karena ingin meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, selain itu masyarakat ingin meningkatkan daya tarik wisatawan agar wisata talaga bodas dinilai sebagai wisata diminati. Oleh karena itu pentingnya partisipasi-partispai dari masyarakat untuk pengembangan kawasan wisata, karena partisipasi merupakan keikutsertaan seseorang atau masyarakat dalam suatu hal, dalam hal ini terpicu pada pengembangan wisata serta faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi. Selain itu pengembangan mesti untuk dilakukan untuk meningkatkan suatu hal yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui parrtisipasi masyarakat dalam pengembangan kawasan wisata Talaga Bodas, dan untuk mengetahui upaya-upa yang dilakukan dalam pengembangan kawasan wisata Talaga Bodas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun seumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan skunder. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam dengan narasumber BKSDA, Pemerintah Desa, Karang Taruna, Pedagang, Komunitas Pecinta Alam dan Pengunjung. Selain itu dokumentasi berupa Buku, jurnal dan brosur, foto,rekaman dan video. Sedangkan teknik yang digunakan dalam amalisis data adalah teknik analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari penyajian data reduksi data, pembuktian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang saya gunakan dalam penelitian ini yaitu Fungsional Struktutal Talcott Parson AGIL. Parsons memandang masyarakat sebagai suatu system yang terintegrasi secara fungsi dan dapat dikaitkan dengan kegiatan yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dari sebuah sistem. Maka berdasarkan teori AGIL Talcott Parson terdapat empat persayaratan mutlak supaya masyarakat bias berfungsi yaitu Adaptasi, pencapaian tujuan (goal attainment), integrasi, dan pemeliharaan pola (latency). Hasil temuan yang diperoleh oleh peneliti menunjukan bahwa partisipasi-partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata Talaga Bodas saling berkaitan ada partisipasi ide, tenaga, dana, keahlian dan barang. Selain itu upaya dalam mengembangkan wisata dengan adanya potensi, sarana prasarana, insfastruktur dan lingkungan masyarakat yang mendukung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; pengembangan Kawasan Wisata; Talaga Bodas;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hasbi Abdillah
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:57
Last Modified: 07 Sep 2023 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75802

Actions (login required)

View Item View Item