Pelestarian lingkungan melalui Reduce, Reuse, dan Recycle riset aksi program Karang Taruna di Kampung Tanggeung, Bojongloa, Rancaekek, Bandung.

Irawan, Candra (2023) Pelestarian lingkungan melalui Reduce, Reuse, dan Recycle riset aksi program Karang Taruna di Kampung Tanggeung, Bojongloa, Rancaekek, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Latar belakang penelitian tentang pelestarian lingkungan melalui reduce, reuse, dan recycle, dimulai dari masalah yang ditemukan yaitu: pertama, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan; kedua, rendahnya pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan sampah; ketiga, meningkatnya pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, pengelolaan sampah melalui reduce, reuse, dan recycle di Kampung Tanggeung menjadi wadah pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah sehingga bukan hanya membantu menekan tingkat pencemaran lingkungan, namun juga mampu menjadikan masyarakat lebih produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, proses, serta keberhasilan pelestarian lingkungan melalui reduce, reuse, dan recycle. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsep pengelolaan sampah modern menurut Cunningham (2004) dalam teorinya mengatakan bahwa tahap pengelolaan sampah modern terdiri dari 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Reduce (mengurangi), pinsip reduce dapat dikatakan suatu kegiatan melakukan pengurangan barang atau material yang digunakan. Reuse (menggunakan kembali), prinsip reuse yaitu menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan. Recycle (mendaur ulang sampah), prinsip recycle sebagai kegiatan mendaur ulang barang yang dapat didaur ulang Metode yang digunakan adalah Metode Riset Aksi dengan ikut serta untuk melakukan perubahan melalui tahapan siklus dimulai dari sosialisasi awal, refleksi sosial, pemetaan sosial, pengorganisasian sosial, perencanaan partisipatif, sinergi program, pelaksanaan program dan monitoring evaluasi. Hasil penelitian pelestarian lingkungan melalui reduce, reuse, dan recycle memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Keberhasilan program dirasakan langsung oleh masyarakat dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dilakukan di RW 15 Kampung Tanggeung sehingga masyarakat menjadi lebih aktif, produktif dan mandiri setelah berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan sampah. Kegiatan program-program yang telah direncanakan pada saat sosialisasi edukasi dan diskusi dapat diimplementasikan dengan baik secara bertahap oleh masyarakat, mulai dari kegiatan pemilahan sampah oleh masing-masing warga sejak dari sumber hingga pada pengumpulan serta pengelolaan sampah. Dengan keberadaan program pengelolaan sampah melalui reduce, reuse, dan recycle masyarakat dapat mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah menjadi produk yang bernilai jual dan berguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pelestarian; lingkungan; reduce, reuse, dan recycle; metode riset aksi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Natural History of Organism > Organisms Characteristic of Specific Environments
General Management > Research and Development Management (R and D)
Area Planning > Procedural and Social Aspect
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Candra Irawan
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:29
Last Modified: 07 Sep 2023 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75873

Actions (login required)

View Item View Item