Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1) dan metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2)

Nuraeni, Dini (2023) Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1) dan metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis dari hasil solusi optimal pada masalah penugasan pada Metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1) dan Metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2) untuk kasus minimasi dan maksimasi. Metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1) diawali dengan menghitung total biaya atau keuntungan untuk setiap baris dan setiap kolom dengan rumus yang telah disediakan, kemudian cari nilai total terbesar (kasus minimasi) dan nilai total terkecil (kasus maksimasi) didefinisikan sebagai Z, lalu pilih elemen terkecil (kasus minimasi) dan elemen terbesar (kasus maksimasi) dari Z indeks dan reduksi kolom dan baris yang bersesuaian, ulangi langkah kedua hingga semua baris dan kolom telah direduksi. Sedangkan Metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2) karena merupakan data yang tidak seimbang (Unbalance) maka yang pertama kali dilakukan yaitu menyeimbangkan terlebih dahulu matriksnya dengan nilai kolom terkecil (kasus minimasi) dan nilai kolom terbesar (kasus maksimasi), kemudian menghitung total biaya atau keuntungan untuk setiap baris dan setiap kolom dengan cara dijumlahkan, setelah itu cari nilai total terbesar (kasus minimasi) dan nilai total terkecil (kasus maksimasi) didefinisikan sebagai Z, lalu pilih elemen terkecil (kasus minimasi) dan elemen terbesar (kasus maksimasi) dari Z indeks dan reduksi kolom dan baris yang bersesuaian, ulangi langkah kedua hingga semua baris dan kolom telah direduksi. Dari analisis kedua metode terdapat hasil akhir penugasan menggunakan Metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1) yaitu $9 untuk contoh kasus I dan $110 untuk contoh kasus II, sedangkan Metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2) menghasilkan solusi optimal untuk contoh kasus III yaitu $87 dan untuk contoh kasus IV yaitu $1430.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah penugasan; solusi optimal; Metode The Dhouib-Matrix-AP1 (DM-AP1); Metode The Dhouib-Matrix-AP2 (DM-AP2)
Subjects: Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Dini Nuraeni
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:42
Last Modified: 07 Sep 2023 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75879

Actions (login required)

View Item View Item