Pengaruh Inflasi, Finance to Deposit Ratio (FDR) dan Beban Oprasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Non Performing Finance (NPF): Penelitian pada PT. Bank KB Bukopin Syariah Periode 2011-2022

Widiyanto, Rafi (2023) Pengaruh Inflasi, Finance to Deposit Ratio (FDR) dan Beban Oprasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Non Performing Finance (NPF): Penelitian pada PT. Bank KB Bukopin Syariah Periode 2011-2022. Sarjana thesis, UIN.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Non Perfoming Finance dipengaruhi dari sisi external dan internal, dari external dapat dipengaruhi oleh kondisi perkonomian sedangkan dari sisi internal bisa dipengaruhi oleh pihak bank itu sendiri. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat beberapa periode yang menunjukan perubahan tingkat rasio Non Perfoming Finance . Perubahan tingkat rasio pada Inflasi, Finance To Deposit Ratio dan Beban Operasional Pendapatan Operasional yang seharusnya di ikuti juga dengan perubahan tingkat rasio Non Perfoming Finance. Namun pada faktanya data masih terdapat beberapa periode yang menunjukan ketika tingkat rasio Non Perfoming Finance naik namun tingkat rasio Inflasi, Finance To Deposit Ratio dan Beban Operasional Pendapatan Operasional terjadi penurunan. Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara Inflasi, Finance To Deposit Ratio dan Beban Operasional Pendapatan Operasional terhadap Non Perfoming Finance baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan dokumentasi dari data tahunan yang di publikasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Laporan Keuangan PT. Kookmin Bank Bukopin Syariah (KBBS). Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Statistik, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis, serta Koefisien Determinasi (R2) di olah menggunakan program software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Non Performing Finance (NPF). Hasil Finance To Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh positif signifikan terdahap Non Performing Finance (NPF). Dan hasil Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Non Performing Finance (NPF). Sedangkan secara simultan menunjukan bahwa Inflasi, Finance To Deposit Ratio (FDR) Dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Non Performing Finance (NPF). Besaran persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan Uji Koefisien Determinasi (R2) adalah R Square 79,5%. Adjust R Square 71,8% dan sisanya 28,2% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Finance To Deposit Ratio (FDR); Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); Non Performing Finance (NPF)
Subjects: Econmics
Business
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rafi Widiyanto
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:22
Last Modified: 11 Sep 2023 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75891

Actions (login required)

View Item View Item