Pengaruh citra lembaga terhadap keputusan peserta didik memilih madrasah: penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara

Arelia, Istiana (2023) Pengaruh citra lembaga terhadap keputusan peserta didik memilih madrasah: penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan sektor pendidikan yang terjadi dikalangan Madrasah Aliyah Negeri dalam memperebutkan pasar untuk menarik minat calon peserta didik sangatlah besar. Banyak hal yang menjadi pertimbangan calon peserta didik dalam memilih madrasah. Salah satu hal yang mungkin menjadi pertimbangan dalam memilih Madrasah Aliyah Negeri adalah citra madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Realitas Citra Lembaga pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara, 2) Realitas Keputusan Peserta Didik Memilih Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara, 3) Realitas Pengaruh Citra Lembaga terhadap Keputusan Peserta Didik Memilih Madrasah pada Madrasah Aliyah di Kota Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari teknik angket adapun data sekunder berasal dari dokumentasi. Teknik analiasis pada penelitian ini menggunakan program SPSS 26 dengan Uji Instrument (Validitas dan Reliabilitas), Uji Prasyarat (Normalitas dan Linearitas), Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji Koefisien Determinasi). Hasil penelitian diketahui realitas Citra Lembaga menghasilkan nilai 3,86. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 3,40 – 4,19, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Citra Lembaga pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara dapat dikategorikan “Tinggi”. Hasil penelitian diketahui realitas Keputusan Peserta Didik Memilih Madrasah menghasilkan nilai 3,71. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 3,40 – 4,19, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Keputusan Peserta Didik Memilih Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jakarta Utara dapat di kategorikan “Tinggi”. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menyatakan bahwa konstanta sebesar 15,988 dan koefisien regresi sebesar 0,793 yang menyatakan bahwa dalam setiap penambahan 1% nilai citra lembaga maka keputusan peserta didik memilih madrasah akan bertambah sebesar 0,739. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh citra lembaga (variabel X) terhadap keputusan peserta didik memilih madrasah (variabel Y) adalah positif. Dan nilai t hitung sebesar 11,627 lebih besar dari nilai t tabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,050. Karena nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan peserta didik memilih madrasah. nilai koefisien determinasi sebesar 60%, yang artinya variabel Citra Lembaga memberikan kontribusi sebesar 60% terhadap variabel Keputusan Peserta Didik Memilih Madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: citra lembaga; keputusan peserta didik memilih madrasah
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Istiana Arelia
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:28
Last Modified: 11 Sep 2023 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75899

Actions (login required)

View Item View Item