Penerapan model pembelajaran Radec untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V:Penelitian tindakan kelas di MIN 2 Kota Bandung

Rahma, Tiara Anggraeni (2023) Penerapan model pembelajaran Radec untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V:Penelitian tindakan kelas di MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di MIN 2 Kota Bandung yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA sebelum menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) di kelas V, (2) gambaran proses belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) pada setiap siklusnya, (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) di kelas V pada setiap siklusnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart dan setiap siklus terdiri dari komponen perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V MIN 2 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes evaluasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada prasiklus rata-rata skor siswa mendapatkan 55,96 (kurang) dengan persentase ketuntasan klasikal 26,92 (kurang sekali). Penerapan model RADEC dalam pembelajaran IPA pada siklus I terhadap aktivitas guru 75% (cukup) dan aktivitas siswa 63,69% (cukup), kemudian siklus II terhadap aktivitas guru 84,37% (baik) sedangkan aktivitas siswa 73,31% (cukup), pada siklus III aktivitas guru 96,87% (sangat baik) dan aktivitas siswa 84,85% (baik). Hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan klasikal 34,61% dengan rata-rata nilai mendapatkan 64,03 maka masih termasuk kategori cukup. Siklus II persentase ketuntasan klasikal 61,53% dengan nilai rata-rata diperoleh 68,46 maka masih termasuk pada kategori cukup. Siklus III persentase ketuntasan klasikal mendapat 88,46% dengan nilai rata-rata yang didapat 77,11 maka termasuk kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajran RADEC; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tiara Anggraeni
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:11
Last Modified: 07 Sep 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75917

Actions (login required)

View Item View Item