Layanan bimbingan konseling Agama Islam untuk meningkatkan kualitas Muallaf Cina : Penelitian di Malaysian Chinese Muslim Association Kuching Sarawak Malaysia

Rimi, Nur Farhanah binti (2023) Layanan bimbingan konseling Agama Islam untuk meningkatkan kualitas Muallaf Cina : Penelitian di Malaysian Chinese Muslim Association Kuching Sarawak Malaysia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy

Abstract

Mualaf sebagai seorang yang baru masuk Islam masih memerlukan bimbingan, sebagian mualaf masih mengalami kesulitan untuk memahami dan menjalankan ajaran dari agama baru yang mereka percaya, tidak sedikit dari mereka yang memiliki masalah dalam kehidupannya, baik yang berkaitan dengan psikis, sosial dan spiritual atau keagamaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program yang digunakan macma dalam memebrikan bimbingan konseling kepada kalangan mualaf, metode yang digunakan dan kendala yang dihadapi oleh macma dalam memberikan bimbingan konseling kepada kalangan mualaf. Teori yang dipakai adalah teori bimbingan keagamaan dan pendekatan behavioral yang mana teori ini adalah teori perkembangan perilaku yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respon belajar terhadap rangsangan. Teori ini merupakan proses bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi social yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Penelitian ini menggambarkan secara objektif tentang Layanan Bimbingan Konseling Agama Islam untuk Meningkatkan Kualitas Mualaf Cina. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan metode pengambilan kesimpulan dengan deduktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seorang mualaf sangat membutuhkan bimbingan keagamaan dan ilmu pengetahuna tentang agama Islam agar mereka dapat mengadaptasikan kehidupan mereka setelah masuk Islam dan dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mualaf; Bimbingan Keagamaan; Islam;
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Marriage
Culture and Institutions > Family
Culture and Institutions > Fathers
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur Farhanah Binti Rimi
Date Deposited: 08 Sep 2023 00:55
Last Modified: 08 Sep 2023 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75938

Actions (login required)

View Item View Item