Hubungan kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa : Penelitian korelasional di kelas V MIS Muhammadiyah Babakanloa

Siswanto, Choerunisa Rachmadani (2023) Hubungan kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa : Penelitian korelasional di kelas V MIS Muhammadiyah Babakanloa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada temuan bahwa rendahnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika serta maraknya anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan, yang berdampak pada kemampuan literasi numerasi siswa. Hal ini diduga merupakan akibat dari kecemasan siswa terhadap matematika. Tujuan penelitian ini yaitu guna mendeskripsikan kecemasan matematika siswa dan kemampuan literasi numerasi siswa serta mendeskripsikan hubungan keduanya pada siswa kelas V MIS Muhammadiyah Babakanloa. Adapun hipotesis penelitiannya yaitu terdapat hubungan antara kecemasan matematika terhadap literasi numerasi siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini pada variabel kecemasan matematika (X) menggunakan teori Cavanagh & Sparrow (2010) dengan indikator yang terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek somatik, kognitif, dan sikap. Sedangkan untuk variabel literasi numerasi (Y) menggunakan teori Weilin, et al (2017) dengan indikator menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan operasi pada bentuk aljabar untuk memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi dalam bentuk grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya, serta menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusa. Metodologi penelitian pada penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 27 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecemasan matematika dan tes uraian kemampuan literasi numerasi siswa. Dengan tahapan analisis yaitu menguji normalitas data guna mengetahui apakah data yang diperoleh berdistribusi normal atau tidak, kemudian uji korelasi menggunakan korelasi spearman rank untuk mencari tahu hubungan antara kedua variabel, dan mencari seberapa besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi numerasi melalui proses penghitungan koefisien determinasi. Hasil penelituan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecemasan matematika sebesar 60,22 dengan kategori rendah, literasi numerasi sebesar 20,15 dengan kategori sangat rendah. Adapun hasil uji korelasi diperoleh r hitung sebesar -0,466 dengan r tabel sebesar 0,381, sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kecemasan matematika dengan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V MIS Muhammadiyah Babakanloa. Dilihat dari besar r hitungnya, hubungan antara kedua variabel termasuk pada kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diperoleh bahwa pengaruh kedua variabel sebesar 21,71% dan 78,29% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi diantaranya: fasilitaas serta sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, faktor penunjang yang bisa mendorong kemampuan literasi numerasi siswa, lingkungan sekolah, latar belakang siswa, karakter siswa, motivasi, kompetensi guru, kemampuan memahami bacaan, serta faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika; Literasi Numerasi
Subjects: Psychology
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Choerunisa Rachmadani Siswanto
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:18
Last Modified: 08 Sep 2023 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75955

Actions (login required)

View Item View Item