Implementasi kode etik Jurnalistik : Studi deskriptif penerapan pasal 2 dan 3 oleh Wartawan Republika Online pada pemberitaan Kasus Ferdy Sambo

Firman, Firman (2023) Implementasi kode etik Jurnalistik : Studi deskriptif penerapan pasal 2 dan 3 oleh Wartawan Republika Online pada pemberitaan Kasus Ferdy Sambo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan kode etik jurnalistik wartawan merupakan aspek yang sangat penting dalam menjaga etika serta kualitas karya dalam praktik jurnalisme. Kode etik jurnalistik berfungsi sebagai panduan moral dan profesional bagi para wartawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka untuk menyampaikan informasi yang akurat. Maka dari itu, kode etik jurnalistik wajib untuk di implementasikan dalam sebuah proses pemberitaan termasuk pada pemberitaan kasus Ferdy Sambo. Kasus ini sempat menjadi sorotan publik dan menjadi bahan perbincangan, pasalnya kasus ini memakan waktu beberapa bulan untuk mengungkap pelaku utama dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J. Hal ini tentunya membuat tingginya rasa ingin tahu masyarakat mengenai informasi terbaru dari kasus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui proses penerapan kode etik jurnalistik khususnya pasal 2 dan 3 pada pemberitaan kasus Ferdy Sambo oleh wartawan Republika. Penerapan kode etik jurnalistik pasal 2 dan 3 mencakup penerapan profesionalitas, menguji informasi, menjaga keberimbangan dan tidak menghakimi dalam pemberitaan kasus Ferdy Sambo. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan review dokumentasi berupa berita pada situs web Republika. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 3 informan yang merupakan tim redaksi dalam proses peliputan kasus Ferdy Sambo yaitu, Redaktur, Reporter dan Fotografer Republika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Republika sudah berusaha menerapkan kode etik jurnalistik dengan menempuh langkah profesional dalam peliputan kasus Ferdy Sambo, meskipun masih terdapat beberapa hal yang melanggar seperti menerima hadiah dalam peliputan dan meminta data wartawan lain. Selain itu, Republika online juga tetap berusaha untuk menguji informasi, menjaga keseimbangan dan tidak menghakimi dalam pemberitaan kasus Ferdy Sambo. Meskipun media online saat ini termasuk Republika bersaing untuk menyajikan berita terbaru atau mengedepan kecepatan dan tetap memperhatikan kode etik jurnalistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kasus Ferdy Sambo; Kode Etik Jurnalistik; Republika
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Journalism and Newspapers in Indonesia > Journalism and Newspapers in United States
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Firman Firman
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:20
Last Modified: 08 Sep 2023 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75986

Actions (login required)

View Item View Item