Pengaruh Tawakal dan Ridho terhadap Parent-Acceptance pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus : Studi kasus di SLB BC Nike Ardila dan SLB C Silih Asih

Fandini, Gintan Rasya (2023) Pengaruh Tawakal dan Ridho terhadap Parent-Acceptance pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus : Studi kasus di SLB BC Nike Ardila dan SLB C Silih Asih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI DEDE.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 DEDE.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 DEDE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 DEDE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5 DEDE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Parent-Acceptance merupakan kajian ilmu psikologi yang bergerak dalam dimensi kehangatan pengasuhan orang tua, sehingga nantinya orang tua mampu mengekspersikan rasa sayang dan cintanya tanpa khawatir dan tanpa malu kepada anak-anaknya. Selain itu, mereka akan lebih perduli akan tumbuh kembang anaknya dan mampu memberikan dorongan lebih optimal demi pertumbuhan buah hatinya. Peneliti mengasumsikan bahwa Tawakal dan Ridha mampu memberikan dorongan dalam menumbuhkan sikap Parent-Acceptance terutama pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK). Sehinnga, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Tawakal dan Ridha terhadap Parent-Acceptance pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kuantitatif dengan teknik non-porbability sampling dengan jenis purposive sampling. Oleh sebab itu, orang tua di SLB BC Nike Ardila dan SLB C Silih Asih menjadi populasinya dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 sampel, dan pengolahan data dibantu oleh software IMB SPSS Statistic Versi 24. Sehingga hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara Tawakal terhadap Parent-Acceptance karena nilai T hitung 5,906 lebih besar dari nilai t tabel yang bernilaikan 2,012. Sedangkan untuk bagian variabel Ridha T hitung menunjukan nilai 0,602 lebih kecil daripada 2,012 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari variabel Ridha terhadap variabel Parent-Acceptance. Adapun pengujian secara simultan dari Tawakal (X1) dan Ridha (X2) terhadap Parent-Acceptance (Y) menunjukan hasil signifikan dengan menggunakan perbandingan antara nilai F hitung dan F tabel. Dimana, nilai F hitung lebih besar dari pada F tabel, yaitu sebesar 44,739 > 3,19 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Parent-Acceptance; Ridha; Tawakal;
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Gintan Rasya Fandini
Date Deposited: 07 Sep 2023 14:54
Last Modified: 07 Sep 2023 14:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75994

Actions (login required)

View Item View Item