Implementasi bimbingan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual penyandang Disabilitas Mental Eks Psikotik : Studi kasus di Sentra Phalamartha Sukabumi

Aulia, Hilyatul (2023) Implementasi bimbingan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual penyandang Disabilitas Mental Eks Psikotik : Studi kasus di Sentra Phalamartha Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (8_BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (9_DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti penyandang disabilitas mental, terutama mereka yang mengalami psikosis. Mereka memiliki keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari, termasuk memperluas pengalaman, mengekspresikan emosi, mengembangkan kecerdasan intelektual, dan menjalankan ibadah. Kecerdasan spiritual menjadi faktor penting dalam kesembuhan dan perkembangan holistik mereka. Bimbingan agama Islam menjadi pelayanan khusus yang membantu mereka mencapai ketenangan spiritual, mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan pemahaman agama, dan mengadopsi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual penyandang disabilitas mental eks psikotik di Sentra Phalamartha Sukabumi yang lebih berfokus pada pengamatan perkembangan dan perubahan positif para penerima manfaat, yang mencerminkan kemajuan yang telah mereka raih serta mengetahui metode dan hasil dari bimbingan agama tersebut. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan teori implementasi, teori bimbingan, teori agama Islam, teori kecerdasan spiritual, teori disabilitas mental eks psikotik. Kerangka pemikirannya meliputi implementasi, metode dan hasil. Kerangka pemikiran ini menjadi dasar utama dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 6 orang penerima manfaat, 1 orang pembimbing agama dan 1 orang pekerja sosial. Teknik analisis data mencakup klasifikasi data, penyajian data, dan analisis deskriptif interpretatif. Kemudian untuk menguji kebenaran data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini berfokus pada implementasi bimbingan agama Islam kepada penyandang disabilitas mental eks psikotik mencakup berbagai jenis bimbingan, seperti bimbingan Al-Qur'an, manajemen stress, cerita kisah inspiratif, dan bimbingan lainnya. Metode bimbingan agama Islam yang digunakan di Sentra Phalamartha adalah metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode simulasi, metode bimbingan individual, metode bimbingan kelompok, dan muhadoroh. Hasil bimbingan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual penerima manfaat di Sentra Phalamartha kini telah mengalami perubahan yang signifikan. Mereka menjadi pribadi yang memiliki keyakinan yang kuat dalam agama serta berperilaku lebih baik dan patuh terhadap nilai-nilai agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Kecerdasan Spiritual; Disabilitas Mental Eks Psikotik.
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hilyatul Aulia
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:09
Last Modified: 08 Sep 2023 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75997

Actions (login required)

View Item View Item