Pengaruh implementasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) dan Pernyataan Standar Aakuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 terhadap kualitas Laporan Keuangan : Studi pada BAZNAS Kabupaten Maros

As-Shiddiq, Zalman Dias (2023) Pengaruh implementasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) dan Pernyataan Standar Aakuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 terhadap kualitas Laporan Keuangan : Studi pada BAZNAS Kabupaten Maros. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Peningkatan kinerja dari BAZNAS dalam pengelolaan laporan keuangan dapat dioptimalkan dari penggunaan sistem manajemen informasi yang telah dikembangkan oleh BAZNAS pusat yaitu penggunaan sistem informasi manajemen (SIMBA). Pemerintah berinisiatif menciptakan SIMBA yang sudah diadaptasi menggunakan PSAK 109, dan hal itu bekerja sama dengan BAZNAS dalam membuat laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif, yang berasal dari positivisme, berfokus pada penyelidikan populasi atau sampel tertentu. Penelitian ini menguji tentang hubungan antara implementasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS, dan Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 terhadap kualitas laporan keuangan BAZNAS Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengaruh implementasi SIMBA terhadap kualitas laporan keuangan memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha 5% yaitu (0,047 < 0,05) dan nilai koefisien regresinya adalah sebesar 0,278. Artinya hipotesa pertama diterima dimana pada variabel implementasi SIMBA (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (Y). Secara parsial pengaruh penerapan PSAK 109 terhadap kualitas laporan keuangan memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha 5% yaitu (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien regresinya adalah sebesar 0,924. Artinya hipotesa kedua diterima dimana pada variabel Penerapan PSAK (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (Y). Sedangkan secara simultan implementasi SIMBA dan penerapan PSAK 109 juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan BAZNAS Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laporan Keuangan; Sistem Informasi Manajemen (SIMBA); PSAK 109; BAZNAS
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Zalman Dias Ash-Shiddiq
Date Deposited: 07 Sep 2023 15:28
Last Modified: 07 Sep 2023 15:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76013

Actions (login required)

View Item View Item