Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor berdasarkan Peraturan Walikota Bogor nomor 61 tahun 2018

Ulhaq, Aqshal Naufal Zia (2023) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor berdasarkan Peraturan Walikota Bogor nomor 61 tahun 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan peningkatan jumlah timbulan sampah plastik di Kota Bogor. Upaya Pemerintah Kota Bogor dalam menekan jumlah timbulan sampah plastik, namun pada awal pelaksanaannya belum berjalan secara maksimal, karena perubahan kebiasaan dan tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang dalam pelaksanaan pengurangan penggunaan kantong plastik.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) dasar hukum dan pelaksanaan Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018; 2) hasil dari pelaksanaan Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Bogor; 3) tinjauan siyasah dusturiyah terhadap dasar hukum dan pelaksanaannya serta hasil yang diperoleh dari pelaksanaan Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018. Teori – teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pembentukan Peraturan Perundang -undangan, Teori Efektivitas Pelaksanaan Perda, yang berfokus kepada upaya – upaya dalam mencapai suatu tujuan berupa kesejahteraan rakyat, serta prinsip - Prinsip yang ada di dalam Teori Siyasah Dusturiyah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis empiris yaitu pendekatan dengan melihat realitas hukum di masyarakat. . Dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif.Hasil dari penelitian ini 1) Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 ini didasari oleh Al-Quran dan Hadist sebagai sumber utama dalam Islam, dan dalam ketatanegaraan Indonesia didasari beberapa peraturan perundang – undangan diatasnya, lalu tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha sesuai dengan Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018, 2) hasil yang diperoleh dari pelaksanaan Peraturan Walikota Bogor ini, terjadi penurunan yang cukup besar dari beberapa ritel di Kota Bogor, akan tetapi sektor pasar basah masih menggunakan sampah plastik dan walaupun terjadi masa transisi yang dialami oleh masyarakat di Kota Bogor, tetapi masyarakat sudah meningkatkan kesadarannya akan pengurangan penggunaan kantong plastik, 3) Dalam tinjauan siyasah dusturiyah Dasar Hukum, Pelaksanaan, dan hasil dari pengurangan penggunaan kantong plastik pada Peraturan Walikota Nomor 61 Tahun 2018 telah sesuai dengan prinsip – prinsip dan kaidah siyasah Dusturiyah. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaannya yang dianalisis dengan prinsip – prinsip yang ada di dalam Teori Siyasah Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kota Bogor;Peraturan Walikota; Sampah Plastik
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Aqshal Naufal Zia Ulhaq
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:09
Last Modified: 21 Sep 2023 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76026

Actions (login required)

View Item View Item