Peran Pemerintah Desa dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat : Studi deskriptif di desa Kertayasa, Kec. Sindangagung, Kab. Kuningan

Vebriantika, Irni (2023) Peran Pemerintah Desa dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat : Studi deskriptif di desa Kertayasa, Kec. Sindangagung, Kab. Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa adalah dengan cara melakukan pembangunan desa yang sejalan dengan tujuan SDGs Desa (Sustainableustainable Development Goals). Pembangunan desa yakni kegiatan yang meliputi segala tatanan kehidupan masyarakat desa. Dalam proses pembangunan desa, tentu diperlukan pemerintah desa yang bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam pembangunan di segala bidang, baik itu dari tingkat pusat hingga tingkat desa. Tujuan dari pembangunan desa ialah kesejahteraan masyarakat desa yang meningkat dan kualitas kehidupan manusia yang meningkat serta pengentasan kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui program pemerintah desa Kertayasa dalam upaya peningkatan kreativitas dan inovasi, 2) mengetahui proses pelaksanaan program pemerintah desa Kertayasa dalam upaya peningkatan kreativitas dan inovasi, 3) mengetahui hasil akhir dari adanya program program pemerintah desa Kertayasa dalam upaya peningkatan kreativitas dan inovasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori peran dari Agustina (2006) yang mengatakan bahwa peran merupakan cerminan posisi seseorang dalam suatu sistem sosial sekaligus pula hak dan kewajiban serta kekuasaan dan tanggung jawab yang menyertainya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan dan analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu penghimpunan, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Kertayasa dalam melakukan pembangunan desa dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi dapat dikatakan berhasil. Dibuktikan dengan beberapa program didalamnya seperti perpustakaan desa insan cita yang berbasis inklusi sosial, TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle), kelompok tani milenial, hingga kelompok pengrajin yang dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat desa. Proses pelaksanaan program dimulai dari sosialisasi kepada masyarakat, pelatihan, serta melakukan evaluasi. Hasil akhir dari adanya program yang telah disediakan oleh pemerintah desa yakni masyarakat menjadi lebih kreatif dan berinovasi sesuai dengan indikator keberhasilan kreativitas dan inovasi, juga sejalan dengan visi, misi serta tujuan dari desa Kertayasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Desa; Pemerintah Desa; Kreativitas; Inovasi; Masyarakat.
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities
Communities > Structure Communities
Communities > Villages
Inventions and Patents > Inventions and Patents from Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Irni Vebriantika
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:53
Last Modified: 12 Sep 2023 03:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76041

Actions (login required)

View Item View Item