Peran kepala desa dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 2 Tahun 2000 Tentang Pedoman Pembentukan Badan Perwakilan Desa: Studi di Desa Nyalindung Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi

Rahmatulloh, Arif (2002) Peran kepala desa dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 2 Tahun 2000 Tentang Pedoman Pembentukan Badan Perwakilan Desa: Studi di Desa Nyalindung Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

UU Nomor 22 Tahun 1999, menjelaskan bahwa desa tidak lagi mmipakan level administrasi dan bawahan daerah tetapi menjadi "Independent Community", dimana setiap warga desa dan masyarakat desanya berhak berbicara atas kepentingan sendiri dan bukan dari atas ke bawah. Maju mundumva desa tergantung pada aparat desanya sendiri, di desa seringkali kepala desa menjadi sumber pesan atau agen informasi bagi warga masyarakatnya. Posisi ini mempennudah kepala desa dalain mensosialisasikan Perda Nomor 2 Tahun 2000 tentang Pedoman Pembentukan BPD. Sosialisasi mernpakan bagian dari proses yang membentuk n lai-nilai politik dan meniinjukan bagaiman seharusnya masyarakat berpartisipasi dalan. sistem politiknya. Peran Kepala desa dalam mensosialisasikan Perda Nomor2 Tahun 2000 sangat penting sekali, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat berpartisipasi dengan optimal terhadap pembentukkan FiPD dan terhadap program-program desa yang lainnya. Tujuan penelilian ini adalah untuk mengctahui upaya kepala desa dalam mensosialisaikan Perda Nomor 2 Tahun 2000 tentang Pedoman Pembentukan Badan Perwakilan Desa di Desa Nyalindung Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi, hambatan-hambatannya, partisipasi masyarakat dalam pembentukan BPD, serta ingin mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap peran kepala desa dalam mensosialisasikan Perda tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Adapun pengiunpulan data mengunakan random sampling dan purpose sampling. Objek penelitiannya adalah sampel penelitian sebanyak 100 orang. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik wawancara, studi kepustakaan,dan angket yang disebar kepada masyarakat untuk memperoleh data tentang sosialisasi Perda tersebut. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat diinterpretasikan bahwa peran kepala desa dalam mensosialisasikan Perda Nomor 2 Tahun 2000 melalui saluran komunikasi interpersonal dan organisasional telah dijalankan dengan kategori rendah, sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam pembentukan BPD puri termasuk rendah. Walaupun demikian, sebenamya, sosialisasi Perda tersebut, melalui saluran komunikasi interpersonal dan organisasional belum dijalankan secara optimal Oleh karena itu masih diperlukan peningkatan sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2000 agar mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembentukan BPD dan program-program desa yang lainnya. Dengan demikian, kepala desa perlu lebih meningkatkan silatuirahmi dan anjang sono untuk ntengajak dan menghimbau masyarakat agar meningkatkan partisipasi mereka dalam pemebentukan BPD dan kegiatan-kegiatan desa. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat perlu diadakan pertemuan dan diskusi antar masyarakat serta masyarakat dengan aparat desa sehingga mampu menyerap aspirasi dari warga masyarakat dan mampu mengurangi jarak antara w'arga masyarakat maupun antara warga masyarakat dengan aparat desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: bab 2 halam 47 tidak ada
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Desa; Peraturan Daerah; Pembentukan Badan Perwakilan Desa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Law
Private Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:28
Last Modified: 11 Jan 2024 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76043

Actions (login required)

View Item View Item