Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS) Kota Cimahi

Salamah, Ummu (2023) Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS) Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang kualitas laporan keuangan BAZNAS Kota Cimahi selama lima tahun periode 2018-2022 yang belum mampu memenuhi karakteristik kualitatif kualitas laporan keuangan relevan, andal, dapat dipahami, dan dapat dibandingkan sehingga mengakibatkan diperolehnya hasil penilaian opini wajar tanpa pengecualian yang tidak konsisten. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan kuangan di BAZNAS Kota Cimahi. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem pengendalian intrenal terhadap kualitas laporan keuangan di BAZNAS Kota Cimahi. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan di BAZNAS Kota Cimahi. Pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi juga dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan transparasi dalam pengelolaan keuangan daerah, penggunaan sistem informasi merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, untuk membantu pengelolaan data yang lebih cepat, efektif, dan efisien. Tingginya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah juga ditentukan oleh seberapa baik sistem pengendalian intern yang dimiliki pemerintah daerah. Pengendalian intern yang lemah menyebabkan sulitnya mendeteksi kecurangan atau ketidakakuratan proses akuntansi sehingga bukti audit yang diperoleh dari data akuntansi menjadi tidak kompeten . Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Data yang diolah merupakan data kuisioner yang disebarkan kepada karyawan BAZNAS dan UPZ BAZNAS Kota Cimahi. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) hasil uji t (parsial) variabel sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, 2) hasil uji t (parsial) variabel sistem pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, 3) hasil uji F (simultan) variabel sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di BAZNAS Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi; Sistem Pengendalian Internal; Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Ummu Salamah
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:34
Last Modified: 10 Sep 2023 03:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76057

Actions (login required)

View Item View Item