Puspita Sari, Pipit (2023) Hubungan manajemen pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa di madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah swasta Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak siswa saat ini sangat memprihatinkan, yang dilatarbelakangi oleh berbagai kasus negatif seperti bullying dan pelecehan seksual yang terjadi di sekolah-sekolah saat ini. Sekitar 41% siswa di Indonesia pernah mengalami intimidasi atau diperlakukan dengan kasar oleh teman sekelas mereka. Dampak dari situasi ini jelas menunjukkan perlunya untuk mempertimbangkan ulang pendidikan karakter guna mengatasi tren negatif tersebut. Maka dari itu penting adanya sebuah program manajemen pendidikan karakter yang dikelola oleh sekolah, karena siswa tidak hanya terfokus pada pengembangan kecerdasan dan pengetahuan saja, tetapi penting juga memiliki akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Realitas Manajemen Pendidikan Karakter di MTs Swasta Kecamatan Cibiru Kota Bandung; 2) Mengetahui Realitas Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Swasta Kecamatan Cibiru Kota Bandung; 3) Mengetahui Hubungan Manajemen Pendidikan Karakter dengan Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Swasta Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), analisis statistik (analisis parsial per indikator dan interpretasi variabel), uji prasyarat (normalitas data dan linieritas data), dan uji korelasi (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa di madrasah memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,598. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada rentang kategori 0,400 – 0,599. Adapun jenis hubungan variabel Manajemen Pendidikan Karakter dengan Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah mengarah kepada hubungan yang positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,598 dengan tidak memiliki tanda negatif (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi Manajemen Pendidikan Karakter maka semakin tinggi juga Akhlak Siswa di Madrasah. Kemudian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,358 artinya bahwa kontribusi variabel Manajemen Pendidikan Karakter terhadap variabel Y Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Cibiru Kota bandung adalah 35,8%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan Karakter; Akhlak Siswa |
Subjects: | General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pipit Puspita Sari |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76074 |
Actions (login required)
View Item |