Implementasi moderasi beragama dalam pembentukan karakter muslim moderat di kalangan santri : Studi di pondok pesantren mahasiswa Universal Kota Bandung

Subqiah, Salwa Aulia (2023) Implementasi moderasi beragama dalam pembentukan karakter muslim moderat di kalangan santri : Studi di pondok pesantren mahasiswa Universal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8_DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Di tengah persaingan global yang ketat, Indonesia menghadapi sebuah rintangan besar. Banyak terjadi konflik sosial yang bermunculan di berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah lembaga pendidikan. Dari itu Pondok Pesantren merupakan salah satu media dalam menanamkan nilai-nilai moderasi sebagai sikap adil dalam cara pandang dan perilaku dengan selalu mengambil tengah-tengah, tidak ekstrem kanan atupun kiri dalam beragama. Moderasi sebagai jalan yang relevan dalam segala aspek agama, budaya, adat istiadat, dan keragamaan lainnya untuk mewujudkan kemaslahatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi moderasi beragama dalam membentuk karakter muslim moderat di kalangan santri Pondok Pesantren Mahasiswa Universal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif sebagai metode untuk menghimpun data yang aktual, menganalisis kejadian yang terjadi berdasarkan kondisi dan situasi pada objek penelitian. Dan menggunakan pendekatan disiplin ilmu sosiologi agama sebagai analisis relevansinya. Sumber data yang diperoleh langsung dari objek penelitian. Teknik atau cara yang dapat di lakukan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi untuk memperkuat keabsahan penelitian. Hasil dari Penelitian ini memperlihatkan bahwa, Pondok Pesantren Mahasiswa Universal adalah lembaga pendidikan Islam yang menerapkan Sistem Moderasi dalam membangun sikap dan karakter santri menjadi muslim moderat. Dengan berusaha menjadi center of execellence dalam pengkajian dan pengamalan nilai-nilai ke Islaman yang inklusif, transformatif dan emansipatoris, yang berorientasi untuk mewujudkan kemaslahatan universal. Moderasi beragama sebagai sikap yang mengambil jalan tengah, memberikan landasan konseptual yang relevan. Dengan mengarahkan perhatian pada penghormatan, dialog, dan kerjasama kelompok agama yang berbeda. Peran pesantren untuk menegakan nilai dan ajaran keagamaan, menjawab persolaan yang berkaitan dengan keagamaan, serta mengayomi terhadap kelompok-kelompok dalam menjalankan perintah agama dan dapat mengatur hubungan mereka secara baik. Dalam membangun dan mengembangkan moderasi beragama, dapat di realisasikan melaui teori pronominal term yang dikemukakan oleh W.C Smith sebagai akademis studi perbandingan agama. Sebagai salah satu pemahaman yang diberikan dalam bidang Pendidikan untuk memahami keseimbang tentang agama, berdialog antaragama, pemahaman kritis, dan toleransi. Sebagai bentuk upaya yang dilakukan dalam membentuk muslim moderat. Pendidikan yang melibatkan pembelajaran tentang nilai-nilai kemanusiaan universal, hak asasi manusia, dan menghargai terhadap keberagaman merupakan hal penting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Moderasi Beragama; Muslim Moderat.
Subjects: Islam
Islam Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Salwa Aulia Subqiah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:56
Last Modified: 11 Sep 2023 00:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76087

Actions (login required)

View Item View Item