Elva, Lusiana (2023) Pengembangan media berbasis web Answer or Surrender untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah harus dimiliki oleh peserta didik pada abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media berbasis web answer or surrender, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis web answer or surrender, peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan media berbasis web answer or surrender, dan respon peserta didik terhadap penggunaan media berbasis web answer or surrender. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 3 di MA Negeri 1 Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi ahli media, materi dan lapangan, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Authentic Assessment Base on Teaching Learning Trajectory (AABTLT) with Student Activity Sheet ( SAS), soal keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji validitas menurut Gregory, perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas memperoleh nilai sebesar 0,97, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,233%., penggunaan media berbasis website answer or surrender dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pemecahan masalah peserta didik dengan nilai n-gain sebesar 0,77 , media berbasis website Answer or Surrender mendapatkan respon yang sangat baik dengan besar nilai rata-rata persentase 98,64%. Hasil uji t yang telah diperoleh dari hasil perhitungan adalah thitung 26,13 > ttabel 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya media berbasis website Answer or Surrender pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media berbasis website; kemampuan pemecahan masalah; gelombang bunyi |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lusiana Elva |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 00:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 00:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76139 |
Actions (login required)
View Item |