Pengaruh terapi Mind Healing Technique terhadap sikap qana’ah: Studi kasus pada praktik terapi Mind Healing Technique Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan Tahun 2020

Fauziah, Azmi (2023) Pengaruh terapi Mind Healing Technique terhadap sikap qana’ah: Studi kasus pada praktik terapi Mind Healing Technique Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan Tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy

Abstract

Suasana hati dan kesehatan mental adalah aspek yang penting untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh. Pola berpikir cenderung mempengaruhi kesehatan tubuh, pikiran-pikiran negative dapat menimbulkan rasa cemas, hawatir berlebihan hingga stress yang kemudian dapat mempengaruhi kesehatan fisik sehingga sebisa mungkin menghindari berpikir negative agar tumbuh rasa percaya diri dan jauh dari cemas berlebihan. Adapun sikap qana’ah tidak terlepas dari adanya sebuah rasa rela menerima, ikhlas, sabar dan tawakkal dalam menerima ketentuan Allah. Terapi Mind Healing Technique merupakan suatu upaya dalam menyembuhkan keluhan psikis maupun fisik yang disebabkan oleh psikis (psikosomatis) dengan menggunakan metode mind programming dan nilai-nilai sufistik. Sikap qana’ah merupak sikap rela menerima dengan ikhlas, sabar terhadap ketentuan yang Allah berikan dengan tetap bertawal. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran sikap qana’ah mahasiswa sebelum dan sesudah diberikannya terapi serta mengetahui pengaruh terapi Mind Healing Technique terhadap sikap qana’ah mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2020. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan mengambil desain one group pretest-posttest dimana satu kelompok sampel diberikan kuesioner sebelum dan setelah diberikan perlakuan dalam penelitian ini adalah terapi Mind Healing Technique. Adapun teori yang digunakan untuk mengukur sikap qana’ah mahasiswa adalah dengan menggunakan teori Hamka pada bukunya yang berjudul Tsawuf Modern. Proses pengolahan data dibantu dengan menggunakan aplikasi statistika yaitu IBM SPSS ver. 27. Hasil penelitan menyimpulkan bahwa gambaran sikap qana’ah mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2020 berdasarkan nilai rata-rata dari skor pretest dan posttest mengalami kenaikan setalah diberikannya terapi Mind Healing Technique. Peningkatan nilai rata-rata ini menunjukan kenaikan pada sikap qana’ah setelah diberikan terapi. Setelah dilakukan analisis paired t- test diketahui bahwa hubungan kedua data memiliki hubungan dengan nilai korelasi 0,538. Perbedaan nilai signifikasi dimana lebih kecil dari 0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada sikap qana’ah sebelum diberikannya terapi dan setelah diberikannya terapi Mind Healing Technique. sehingga dalam menjawab hipotesisi maka H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari teraoi Mind Healing Technique terhadap sikap qana’ah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; Sikap Qana’ah; Terapi
Subjects: Islam
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Azmi Fauziah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:12
Last Modified: 08 Sep 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76142

Actions (login required)

View Item View Item