Peningkatan kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran Visual Thinking berbantuan Geogebra

Diastari, Dera (2023) Peningkatan kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran Visual Thinking berbantuan Geogebra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran keterlaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran visual thinking dengan tahapan looking, seeing, imagining, dan showing and telling berbantuan geogebra; (b) perbedaan tentang peningkatan kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) perbedaan tentang pencapaian kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Plus Bakti Nusantara 666. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikategorikan sangat baik; (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; serta (d) banyak siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan geogebra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan spasial matematis; pendekatan visual thinking; geogebra
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dera Diastari
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:35
Last Modified: 08 Sep 2023 04:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76155

Actions (login required)

View Item View Item