Strategi pengelolaan program Tahfidz Al-Qur’an dalam upaya membentuk generasi Qur’ani : Studi deskriptif pada program Gerakan penghafalan dan Pengkajian Al-Qur’an di Yayasan Al-Muchtariah Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Nuraliah, Nuraliah (2023) Strategi pengelolaan program Tahfidz Al-Qur’an dalam upaya membentuk generasi Qur’ani : Studi deskriptif pada program Gerakan penghafalan dan Pengkajian Al-Qur’an di Yayasan Al-Muchtariah Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan pemerintah berupaya mengadakan pembinaan terhadap masyarakat secara terencana dan terprogram yaitu dengan membentuk program Gerakan Penghafalan dan Pengkajian Al-Qur’an (GP2Q). Program GP2Q ini awalnya di tempatkan di 17 pondok pesantren Al-Qur’an di Kabupaten Cianjur. Kemudian untuk memudahkan pengontrolannya akhirnya para santri ditempatkan di satu pondok pesantren yakni di Yayasan Al-Muchtariyyah Karangtengah Cianjur. Tujuan dibentuknya program GP2Q ini yakni untuk mewujudkan generasi muda Kabupaten Cianjur yang sugih mukti tur Islami dan juga mencetak denerasi Qur’ani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan program tahfidz Qur’an di Yayasan Al-Muchtariah dalam upaya membentuk generasi Qur’ani dengan menerapkan tiga tahapan yaitu: formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategic management: consepts & case dari Fred R. David. Dalam teori Fred R. David di jelaskan bahwa proses strategi manajemen ada tiga tahapan yaitu, formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Program Gerakan Penghafalan dan Pengkajian Al-Qur’an (GP2Q) di Al-Muchtariah ini menggunakan strategi pengelolaan yang cukup baik dengan menerapkan teori strategi manajemen yaitu pertama, formulasi strategi pengelolaan meliput perancangan dan pengembangan visi dan misi, menganalisis lingkungan baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT serta menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Kedua, implementasi strategi pengelolaan merupakan perealisasian dari visi, misi dan tujuan program GP2Q yang direalisasikan dengan berjalannya program penghafalan dan pengkajian. Ketiga, evaluasi strategi pengelolaan dilakukan dengan empat tahapan yaitu evluasi tim pokja, rapat evaluasi para pembina, rapat evaluasi harian santri dan rapat evaluasi dari orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Stategi Pengeloaan; Program Tahfidz; Generasi Qur’ani
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aliah Nur
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:02
Last Modified: 08 Sep 2023 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76166

Actions (login required)

View Item View Item