Pengaruh ukuran perusahaan dan komite audit terhadap Tax Avoidance pada perusahaan Property and Real Estate yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) tahun 2017-2021

Anggara, Hanif Rayhan (2023) Pengaruh ukuran perusahaan dan komite audit terhadap Tax Avoidance pada perusahaan Property and Real Estate yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) tahun 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan sumber keuangan dari pada kas negara yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. Pemerintah telah mewajibkan kepada wajib pajak untuk taat dalam membayar pajak. Badan usaha menganggap pajak sebagai beban utama yang dapat mengurangi laba yang telah dihasilkan. Badan usaha yang terdaftar di ISSI berupaya menghindari pembayaran pajak yang biasa disebut tax avoidance. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh ukuran perusahaan terhadap tax avoidance 2) pengaruh komite audit terhadap tax avoidance 3) pengaruh ukuran perusahaan dan komite audit terhadap tax avoidance pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) tahun 2017-2021. Ukuran perusahaan merupakan skala atau ukuran mengenai besar atau kecilnya suatu perusahaan yang dilihat dari total asset perusahaan. Komite audit merupakan sekumpulan komite independen yang berfungsi mengawasi atas proses laporan keuangan, manajemen risiko, aplikasi audit serta implementasi dari corporate governance. Tax avoidance merupakan upaya untuk menghindari pembayaran pajak secara legal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan perusahaan tahun 2017-2021 melalui situs Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) serta situs masing-masing perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis yaitu Uji t dan Uji F, dan Analisis Koefisien Determinasi dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 25.0. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai hasil signifikansi 0,698 > 0,05 uji t 2) komite audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai hasil signifikansi 0,146 > 0,05 uji t 3) ukuran perusahaan dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance dengan nilai hasil 0,296 > 0,05 uji F. Dari hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 7,3% saja yang artinya sisa sebesar 92,7% adalah variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan;Komite Audit;Tax Avoidance
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Tax Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Hanif Rayhan Anggara
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:42
Last Modified: 08 Sep 2023 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76171

Actions (login required)

View Item View Item