Pengaruh kompetensi dan profesionalisme auditor internal terhadap kualitas hasil kinerja internal audit di bank BJB Syari'ah kantor pusat

Aisyah, Aisyah (2023) Pengaruh kompetensi dan profesionalisme auditor internal terhadap kualitas hasil kinerja internal audit di bank BJB Syari'ah kantor pusat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Auditor internal bertanggung jawab dalam pengevaluasian mengenai keuangan suatu perusahaan dan juga kepada non keuangan yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Pentingnya peran seorang auditor internal dituntut untuk berkompeten dan memiliki sikap profesionalisme untuk menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas. Hal tersebut belum sesuai dengan fenomena yang terjadi pada bank bjb Syari’ah kantor pusat dimana bank bjb Syari’ah kantor pusat terdeteksi beberapa temuan audit yang ditemukan oleh audit eksternal dan bareskrim namun tidak ditemukan oleh audit internal dimana temuan itu adalah suatu bentuk kecurangan (fraud) hal tersebut terjadi karena lemahnya pengendalian dari pihak auditor internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh kompetensi terhadap kualitas hasil kinerja internal audit secara parsial, besarnya pengaruh profesionalisme terhadap kualitas hasil kinerja internal audit secara parsial, dan menganalisis besarnya pengaruh kompetensi dan profesionalisme auditor terhadap kualitas hasil kinerja internal audit secara simultan. Dalam penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan melakukan analisis dan dilakukan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Kualitas hasil audit adalah suatu proses sistematis yang berfungsi untuk mengevaluasi dan mendapatkan bukti secara obyektif terkait dengan pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, yang bertujuan untuk menetapkan dan meningkatkan kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam suatu perusahaan serta menyampaikan hasil audit kepada pihak-pihak yang menggunakan laporan keuangan yang berkepentingan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kualitas hasil kinerja internal audit. kompetensi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga kompetensi berpengaruh secara parsial. Profesionalisme auditor berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas hasil kinerja internal audit. nilai signifikansi profesionalisme sebesar 0,000 sehingga variabel profesionalisme berpengaruh secara parsial terhadap kualitas hasil kinerja internal audit. Dan nilai signifikansi kompetensi dan profesionalisme auditor sebesar 0,000 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi dan profesionalisme auditor terhadap kualitas hasil kinerja internal audit secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; profesionalisme; auditor internal; kualitas hasil kinerja internal audit
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Aisyah Aisyah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:51
Last Modified: 10 Sep 2023 12:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76219

Actions (login required)

View Item View Item