Bimbingan konseling Islam melalui gerakan literasi untuk meningkatkan pemahaman keislaman siswa

Maulidiya, Hilwah (2023) Bimbingan konseling Islam melalui gerakan literasi untuk meningkatkan pemahaman keislaman siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan zaman dengan berbagai media yang dapat mempengaruhi ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan. Jika tidak diimbang dengan adanya pemahaman keislaman, maka generasi penerus bangsa akan mengalami kemunduran. Oleh sebab itu, mesti adanya upaya dalam menanamkan budaya literasi untuk dapat meningkatkan pemahaman keislaman siswa melalui bimbingan konseling Islam, salah satunya yakni Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tangerang dengan program Gerakan Literasi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai dalam kegiatan bimbingan konseling Islam melalui gerakan literasi untuk meningkatkan pemahaman keislaman siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori bimbingan Islam yang dikemukakan oleh Amin SM. yang dipandang relevan oleh peneliti untuk meningkatkan pemahaman keislaman siswa, diantaranya melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian, metode hadiah dan hukuman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakamad bidang Kesiswaan, Ketua dan Sekretaris tim literasi, dan 3 orang siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tangerang. Hasil penelitian menyebutkan bahwa layanan bimbingan konseling Islam melalui gerakan literasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tangerang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Sunnah. Konsep dan kurikulum juga berpegang pada prinsip pengajaran Al-Qur’an dan Sunnah baik dari segi keilmuan maupun dari segi keislaman. Tahapan bimbingan konseling Islam untuk meningkatkan pemahaman keislaman dimulai dari tahap awal (membaca shalawat, membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur’an, dan shalat dhuha), tahap inti (membaca, menulis resensi, presentasi dengan metode pembiasaan, teladan, nasihat, diskusi, perhatian, hadiah dan hukuman, membaca kolosal, menulis, presentasi, diskusi, pengembangan, dan pembelajaran), serta tahap akhir (arahan dan kesimpulan). Adapun hasil bimbingan dilihat dari perkembangan wawasan keislaman siswa baik pemahaman terhadap aqidah, syariah, akhlak, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Gerakan Literasi; Pemahaman Keislaman;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hilwah Maulidiya
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:13
Last Modified: 08 Sep 2023 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76229

Actions (login required)

View Item View Item