Hubungan kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja tenaga administrasi: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi

Ramadhan, Fajar (2023) Hubungan kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja tenaga administrasi: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Adanya perilaku indisipliner yang dilakukan oleh beberapa tenaga administrasi seperti datang ke sekolah terlambat, terlambat masuk ruang kerja, tidak semangat saat mengerjakan tugasnya yang diberikan dan sering ditinggal pergi, tidak taat pada waktu kerja, dan lain-lain. Perilaku-perilaku tersebut memperlihatkan kurang optimalnya tenaga administrasi dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsiakan kepemimpinan demokratis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi. (2) Untuk mendeskripkan motivasi kerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi. (3) Untuk menganalisis hubungan kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui haisl penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 40 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistic parsial indikator, uji hipotesis (uji korelasi product moment), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Demokratis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi, termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebesar 4,20 dari hasil pengolahan data 40 responden; (2) Motivasi Kerja Tenaga Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi, termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebesar 4,17 dari hasil pengolahan data 40 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variable X dan variable Y, maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,646, termasuk kategori 0,41 – 0,60 artinya terdapat hubungan yang cukup besar atau cukup kuat. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi manajemen konflik kepala madrasah dengan budaya organisasi staf tenaga administrasi diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika kepemimpinan demokratissemakin ditingkatkan makamotivasi kerja tenaga administrasijuga meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bekasi. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,646 yang berarti bahwa kontribusi variabel kepemimpinan demokratis dengan motivasi kerja tenaga administrasi sebesar64,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan demokratis; Motivasi kerja tenaga administrasi; Madrasah Tsanawiyah Negeri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fajar Ramadhan
Date Deposited: 08 Sep 2023 10:39
Last Modified: 08 Sep 2023 10:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76230

Actions (login required)

View Item View Item