Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan transparansi terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung

Rahmawati, Sri (2023) Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan transparansi terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Pencapaian akuntabilitas suatu badan amil zakat diperlukan suatu organisasi yang dapat menyajikan laporan keuangan zakat secara transparan dan relevan, serta sistem pengelolaan zakat yang baik. Pengimpunan dana realisasi zakat, infak dan sedekah tahun 2018-2022 pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung yang masih belum memnuhi target yang diharapkan. Sehingga peran lembaga BAZNAS dikatakan belum optimal karena masyarakat masih menanyakan tentang akuntabilitas dari lembaga-badan tersebut. Masyarakat Kabupaten Bandung masih kurang percaya dalam menitipkan zakat kepada BAZNAS Kabupaten Bandung. Maka, BAZNAS Kabupaten Bandung perlu menerapkan akuntabilitas supaya dapat menyajikan laporan keuangan yang transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 109 terhadap akuntabilitas keunagan, 2) pengaruh transparansi terhadap akuntabilitas keuangan, dan 3) pengaruh penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 109 dan transparansi terhadap akuntabilitas keuangan. Akuntabilitas keuangan dipengaruhi oleh Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan transparansi. PSAK 109 merupakan standar yang mengatur pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi dana ZIS. Sedangkan transparansi merupakan terbukanya suatu badan/lembaga dalam memberikan informasi yang jujur kepada masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Data yang diolah merupakan data kuesioner yang disebar kepada staff keuangan dan UPZ BAZNAS Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan ; 1) hasil uji t (parsial) variabel penerpan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 berpengaruh sognifikan terhadap akuntabilitas keuangan, 2) hasil uji t (parsial) variabel transparansi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan, 3) hasil uji F (simultan) variabel penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 109 dan transparansi berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan di BAZNAS Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109; Transparansi; Akuntabilitas Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Sri Rahmawati
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:39
Last Modified: 08 Sep 2023 08:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76233

Actions (login required)

View Item View Item