Pengaruh rasio CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity) terhadap profitabilitas pada Bank BUMN dan BUSN Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2021

Permana, Nalendra Eka (2023) Pengaruh rasio CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity) terhadap profitabilitas pada Bank BUMN dan BUSN Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Metode CAMEL adalah suatu metode untuk menilai tingkat kesehatan bank dengan melihat lima aspek utama yaitu Capital, Asset, Management, Earning, dan Liquidity. Dengan mengukur tingkat kesehatan bank dengan metode CAMEL dapat dilihat bahwa bank tersebut apakah sehat atau tidak. Jika Rasio-Rasio yang tergabung kedalam Metode CAMEL baik, maka akan membuktikan bahwa bank tersebut sehat. Secara tidak langsung dapat menunjukkan tingkat profitabilitas bank yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Rasio CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity) terhadap Profitabilitas pada Bank BUMN dan BUSN Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021, baik pengaruh secara parsial maupun pengaruh sevara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan Bank BUMN dan BUSN Devisa selama periode 2012-2021 dengan total data sebanyak 60 data yang ditentukan oleh purposive sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi data panel dengan model Fixed Effect, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji koefisien determinasi dengan tinkat signifikansi 0,05 yang di olah dengan menggunakan EVIWES 12 For Student Lite. Hasil analisis setelah melakukan beberapa uji menunjukkan nilai Capital Adequacy Ratio memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Asset. Non-Performing Loan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Asset. Net Interest Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Asset. Biaya Operasional Pendapatan Operasional memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Asset. Serta Loan to Debt Ratio memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return in Asset. Secara simultan variabel Capital Adewuacy Ratio, Non-Performing Loan, Net Interest Margin, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, dan Loan to Debt Ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Penelitian ini memiliki nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,984189, angka tersebut menunjukan bahwa sekitar 98,42% Return on Asset dapat dijelaskan oleh variabel independent yang diteliti. Serta sisa 1,58% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Non-Performing Loan (NPL); Net Interest Margin (NIM); Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); Loan to Debt Ratio (LDR); Return on Asset (ROA)
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nalendra Eka Permana
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:35
Last Modified: 08 Sep 2023 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76240

Actions (login required)

View Item View Item