Konsep Zuhud Al Junayd Al Baghdadi dalam proses penyucian jiwa

Purnama, Risky (2023) Konsep Zuhud Al Junayd Al Baghdadi dalam proses penyucian jiwa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak 2.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi 2.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis konsep zuhud Al- Junayd al-Baghdadi dalam proses penyucian jiwa di Pondok Pesantren Al-Falah 1 Cicalengka yang menganut Thoriqoh Naqsabandiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap para santri dan kyai di pondok pesantren tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep zuhud Al-Junayd al- Baghdadi memiliki peran penting dalam proses penyucian jiwa santri di Pondok Pesantren Al-Falah 1 Cicalengka. Implementasi konsep zuhud tercermin dalam kehidupan sehari-hari santri, baik dalam hal materi maupun spiritualitas. Santri berusaha hidup sederhana, menghindari kemewahan, dan memilih pakaian serta makanan yang sederhana. Mereka juga menjaga fokus pada kehidupan spiritual dengan meluangkan waktu untuk beribadah, membaca Al-Qur'an, berzikir, serta merenung. Selain itu, konsep zuhud juga mempengaruhi interaksi sosial santri, di mana mereka memperlakukan semua orang dengan hormat dan kebaikan, menghindari ghibah, serta melawan rasa iri atau dengki. Mereka memahami bahwa kehidupan di dunia ini sementara, dan bahwa tujuan utama mereka adalah mencapai kesuksesan di akhirat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan sumbangsih bagi para peneliti, praktisi, dan pihak terkait dalam mengembangkan pemahaman dan aplikasi konsep zuhud dalam konteks kehidupan spiritual santri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, adapun metode kualitatif ini yakni sebagai salah satu prosedur dalam sebuah penelitian yang akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif yakni berupa serangkaian kata tertulis atau secara lisan yang berasal dari subjek yang diteliti. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Di Pondok Pesantren Al-Falah 1 Cicalengka di Desa Tenjoljaya Kec. Cicalengka Kab. Bandung Provinsi Jawa barat. Lokasi ini dipilih sebagai objek penelitian dikarenakan terlihat adanya praktek thariqah yakni thariqah naqsabandiyah dan menggunakan konsep zuhudnya dari Imam Junayd Al-Baghdadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Zuhud Al-Junayd al-Baghdadi; Pondok Pesantren Al-Falah 1 Cicalengka; Thoriqoh Naqsabandiyah
Subjects: Concept of God
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Culture and Institutions
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Risky Purnama Purnama
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:08
Last Modified: 08 Sep 2023 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76267

Actions (login required)

View Item View Item