Implementasi Self Love terhadap korban Bullying melalui konseling Sufistik : Studi kasus pada santri di Madrasah Tsanawiyah Cijawura Kota Bandung

Zein, Hilya (2023) Implementasi Self Love terhadap korban Bullying melalui konseling Sufistik : Studi kasus pada santri di Madrasah Tsanawiyah Cijawura Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perilaku bullying atau perundungan yang menjadi fenomena dan memang sudah berkembang sejak lama juga menjadi bagian dari dinamika di lingkungan sekolah. Istilah bullying memiliki makna yang luas, mencakup berbagai bentuk penggunaan strata kekuasaan dan kekuatan untuk menjatuhkan atau menyakiti orang lain. Dampak yang dialami oleh korban perundungan seperti trauma, cemas, takut, tidak percaya diri, stress, merasa tertekan, dan hal-hal yang tidak mengenakan dapat berlangsung hingga masa yang akan datang dan mampu berdampak pada perkembangan kehidupan korban terlebih ketika mengalaminya di masa anak-anak hingga remaja. Karena masa remaja merupakan masa-masa dimana seseorang sedang mengenal dan mencari jati diri untuk menyiapkan masa depan yang indah dan cemerlang. Dengan Self love berarti menerima kelemahan, menghargai kekurangan karena hal tersebut membuat individu berupaya untuk menjadi diri sendiri, dan memiliki kasih sayang terhadap dirinya maupun kepada orang-orang disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan yang dilakukan terhadap santri korban bullying yang diupayakan oleh Madrasah Tsanawiyah Cijawura Kota Bandung. Selain itu, penelitian ini ditujukan untuk membantu santri yang menjadi korban bullying untuk lebih meningkatkan self love pada dirinya dengan menerapkannya melalui proses konseling sufistik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, untuk memaparkan fakta secara akurat dan sistematis. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Disamping itu, penelitian ini menghasilkan bahwa perilaku perundungan memang memiliki dampak yang negatif bagi korban namun upaya yang sudah dilakukan oleh peneliti dapat membantu santri korban bullying untuk mulai menerapkan perilaku baik seperti bersyukur, bersabar, dan ikhlas untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menekuni minat bakat yang dimiliki agar mewujudkan rasa cinta pada diri individu dan kepada Sang Pencipta. Hasil penelitian ini didapatkan melalui proses konseling sufistik dengan cara membersihkan jiwa melalui proses takhalli, tahalli, dan tajalli. Dengan proses konseling sufistik ini, mampu membantu subjek untuk lebih memahami dan mulai menerapkan self love pada dirinya salah satunya dengan mengembangkan potensi minat dan bakat yang dimilikinya sehingga kesehatan mental individu akan terjaga dan lebih mampu berpikir positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bullying; Konseling Sufistik; Self Love
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam
Islam > Sufism
Islam > Sufi Ethics
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hilya Zein
Date Deposited: 09 Sep 2023 14:10
Last Modified: 09 Sep 2023 14:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76280

Actions (login required)

View Item View Item