Tradisi pembacaan surat al-’Ashr sebelum meninggalkan majelis : Studi Living Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an Baitul Quran Rancaekek Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Istiqomah, Bunga Sarah (2023) Tradisi pembacaan surat al-’Ashr sebelum meninggalkan majelis : Studi Living Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an Baitul Quran Rancaekek Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak(1).pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Berinteraksi dengan al-Qur’an merupakan salah satu pengalaman yang sangat berharga bagi seorang muslim. Ungkapan melalui tulisan, lisan sampai berupa perbuatan, baik berupa pengalaman spiritual maupun pemikiran. Termasuk pada pembacaan surat al-’Ashr sebelum meninggalkan majelis merupakan upaya masyarakat dalam berinteraksi dengan al-Qur’an. Resepsi tersebut menjadikan para santri sebagai bagian dalam menghidupkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat tiga fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pemaknaan surat al-’Ashr sebelum meninggalkan majelis menurut Rumah Tahfidz Baitul Qur’an Rancaekek Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, bagaimana tujuan dan dampak dijadikannya surat al-’Ashr sebagai doa sebelum penutup majelis, dan bagaimana relevansinya dengan kandungan global dari surat al-’Ashr. Adapun tujuan dari tradisi pembacaan surat al-‘Ashr ini yaitu untuk mengingatkan santri agar memanfaatkan waktu yang dimiliki, waktu itu berharga, waktu digunakan sebaik-baiknya sehingga dalam belajar dan beribadah kita tidak menunda untuk melaksanakannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kajian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil data dari asatidz, pengasuh dan para santri Rumah Tahfidz Baitul Qur’an sebagai objek peneliti. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Resepsi al-Qur’an. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembacaan surat al-’Ashr sebagai doa sebelum penutup majelis ini rutin dilakukan setiap hari. Meskipun surat al-’Ashr termasuk surat pendek akan tetapi makna yang terkandung di dalamnya sudah cukup menjadi petunjuk manusia, karena di dalamnya terkandung seluruh pesan-pesan al-Qur’an. Pembacaan surat al’Ashr sebagai doa sudah ada zaman pendahulu kita, dalam berbagai kitab tafsir sudah dijelaskan bahwa para sahabat Nabi Muhammad SAW tidak akan berpisah sebelum surat al-’Ashr dibacakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Doa; Surat al-’Ashr; Living Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Bunga Sarah Istiqomah
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:53
Last Modified: 08 Sep 2023 05:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76302

Actions (login required)

View Item View Item