Konseling individual pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Muhasabah untuk mengatasi masalah penyesuaian diri siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Aqsha Jatinangor

Nurhalizah, Selvira (2023) Konseling individual pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Muhasabah untuk mengatasi masalah penyesuaian diri siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Aqsha Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian diri merupakan usaha yang dilakukan oleh individu agar mampu terhindar dari tekanan dalam pemenuhan kebutuhan, memelihara pemenuhan kebutuhan dan tuntutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program layanan bimbingan yang diberikan terhadap siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri, proses pelaksanaan konseling individual pendekatan REBT dengan teknik muhasabah dan berikut hasil dari penerapan konseling individual pendekatan REBT dengan teknik muhasabah dalam mengatasi masalah penyesuaian diri yang dimiliki oleh siswa. Berlandaskan teori Sofyan Willis, bimbingan merupakan sebuah proses bantuan kepada individu yang membutuhkan. Dalam prosesnya pemberian bantuan terhadap individu ini agar individu mampu untuk memahami dirinya sendiri dan mampu untuk mengarahkan diri serta bertindak wajar sesuai dengan tuntutan keadaan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode Analisa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui observasi dan wawancara serta penyebaran angket terhadap siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri. Langkah penelitian memilih lokasi di SMP Plus Al-Aqsha karena Lembaga tersebut memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan oleh peneliti. Penelitian ini menghasilkan bahwa penerapan proses konseling individual dilakukan langsung oleh guru BK di ruangan BK pada hari senin-sabtu jam 10.30 – 11.30, Adapun tahapannya ialah (1) attending; (2) empati; (3) eksplorasi; (4) bertanya; (5) dorongan minimal; (6) mengarahkan; (7) merencanakan; dan (8) menyimpulkan. Konseling individual pendekatan REBT dengan teknik muhasabah ini mampu untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMP Plus Al-Aqsha, hal tersebut dapat dibuktikan dengan presentase yang cukup baik berdasarkan penyebaran angket sesuai dengan aspek atau indikator penyesuaian diri, walaupun tingkat keberhasilannya belum menyentuh angka 100% tetapi pada tahapannya siswa mengalami peningkatan dalam proses penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual; Pendekatan REBT; Muhasabah; Penyesuaian Diri
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Selvira Nurhalizah Selvira Nurhalizah
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:29
Last Modified: 08 Sep 2023 05:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76303

Actions (login required)

View Item View Item