Penafsiran ayat-ayat Kauniyah mengenai gunung sebagai pasak bumi persfektif Zaghlul Raghib Muhammad An-Najjar : Kajian terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dalam tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah Fi Al-Qur’an Al-Karim

Marzuqi, Rofi Fauzan (2023) Penafsiran ayat-ayat Kauniyah mengenai gunung sebagai pasak bumi persfektif Zaghlul Raghib Muhammad An-Najjar : Kajian terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dalam tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah Fi Al-Qur’an Al-Karim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalis bagaimana pandangan ulama terkemuka Zaglul Raghib Muhammad An-najjar menafsirkan gunung sebagai pasak bumi didalam kitab tafsirnya, perkembangan ilmu pengetahuan merupakan suatu hal yang pasti. Al-Qur’an membuka seluas-luasnya kepada setiap makhluk yang berakal untuk mengkajinya. Seorang mufassir dan orang yang beriman meyakini bahwa al-Qur’an merupakan sumber rujukan utama dalam berbagai disiplin keilmuan, termasuk ilmu pengetahuan, ulama klasik yang notaber dalam penafsirnya hanya berputar terhadap permasalahan yang berkaitan dengan theologis, ulama kontemporer sukar rasanya bila hanya merujuk pada penafsiran klasik yang sifatnya masih berputar dalam ranah tersebut, ulama kontemporer seperti Thantawi Jauhari dan Zaghlul An-Najjar yang mendorong kepada setiap pelajar untuk bisa memahami al-Qur’an dari sisi ilmu pengetahuan, banyak ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan terhadap ilmu pengetahuan, namun disamping itu hanya sedikit ulama yang membahasnya. Manusia dianugrahi dengan akal yang mampu berfikir, di Era Modern ini manusia menerima kebenaran dengan rasionalnya sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan, tafsir ilmi memberikan warna dalam dalam penafsiran hingga menjadi suatu pendekatan sekaligus menjadi alat untuk memahami ayat kauniyah hingga dapat menyelesaikan suatu problem yang terjadi di masyarakat. Beberapa ayat kauniyah didalam al-Qur’an dijelaskan tiada lain untuk membuktikan kebesarannya, sebagai contoh fungsi gunung sebagai pasak bumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merujuk kepada studi kepustkaan untuk menjelaskan masalah yang sedang diteliti, dengan jenis penelitian yang digunakan ialah Content analysis digunakan untuk menganalisis dan memahami teks, investigasi yang kemudian di uji dengan teori kebenaran filsafat. Penelitian ini menggunakan beberapa data primer yakni Mukhtarat min Tafsir Al-Ayat Al-Kauniyah Fi Al-Qur’an Al-Karim, The Geological Concept Of Mountains In The Qur’an dan data sekunder seperti artikel, skripsi, dan buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa, gunung ialah suatu dataran paling tinggi yang menjulang keatas dari permukaan bumi, namun sebenarnya gunung sendiri tidak hanya merupakan bentuk suatu lengkungan yang menonjol keatas saja, malainkan gunung memilik bentuk yang lebih besar yang terkubur didalam bumi, yang terbuat dari batuan yang lebih keras, gunung memiliki berbagai fungsi bagi kehidupan manusia diantaranya gunung sebagai penyimpanan air, yang telah dijelaskan didalam QS. Al-Mursalat 77: Ayat 27, selain itu juga gunung memunyai fungsi sebagai penyetabil sekaligus pasak bagi bumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gunung; pasak bumi; tafsir ilmi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Depositing User: Rofi fauzan marzuqi
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:44
Last Modified: 12 Sep 2023 00:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76311

Actions (login required)

View Item View Item