Interaksi sosial antara masyarakat pendatang terhadap masyarakat setempat : Studi Di Masyarakat Desa Cikuya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Kurniati, Shofilla (2023) Interaksi sosial antara masyarakat pendatang terhadap masyarakat setempat : Studi Di Masyarakat Desa Cikuya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri untuk senantiasa berkelompok dalam kehidupan sehari harinya. Sehingga hal demikian menyebabkan terjadinya sebuah proses interaksi yang dilakukan oleh masing-masing individu atau kelompok seperti halnya masyarakat pendatang dan juga masyarakat setempat yang terjadi di desa Cikuya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi sosial masyarakat pendatang dan masyarakat setempat di desa Cikuya serta mengetahui faktor pendorong terjadinya interaksi sosial masyarakat pendatang terhadap masyarakat setempat. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah Menurut Talcott Parson teori struktural fungsionalisme dengan skema A.G.I.L (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latention). Teori ini digunakan untuk melihat proses interaksi sosial yang dimulai dari adaptasi sampai dengan latensi (pemeliharaan) antara masyarakat pendatang dan masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang jenis data primer didapatkan secara langsung dari objek penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi, Wawancara, Studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang ditemukan di desa Cikuya Bahwa proses interaksi sosial masyarakat pendatang terjadi dengan mengambil langkah inisiatif untuk membuka gerbang interaksi secara awal kemudian masyarakat setempat dalam berinteraksi dengan masyarakat pendatang melakukan sebuah tindakan yang merangkul masyarakat pendatang untuk serta berbaur dengan lingkungan sekitar. Adapun faktor pendorong terjadinya interaksi antara masyarakat pendatang terhadap masyarakat setempat adalah adanya kesadaran sosial untuk bermasyarakat dan juga lingkungan yang baru yang menyebabkan terjadinya proses interaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Masyarakat Pendatang; Masyarakat Setempat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Factors Affecting Social Behaviour
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Kurniati Shof Shofilla
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:03
Last Modified: 08 Sep 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76328

Actions (login required)

View Item View Item