Fungsi perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan pembinaan santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Islamiyyah Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat

Zulfiana, Laila (2023) Fungsi perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan pembinaan santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Islamiyyah Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren bertujuan untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang mampu memahami ajaran atau syariat Islam dan mengamalkannya sehingga dapat memberikan manfaat bagi agama, masyarakat serta agama. Pada suatu pondok pesantren tentu dihadapakan dengan para santri yang berasal dari berbagai latar belakang, usia para santri yang variatif serta kepribadian dan kebiasaan yang terbawa dari lingkungannya, oleh sebab itu tentu pondok pesantren membutuhkan suatu pembinaan yang lebih ekstra sebagai upaya untuk menghasilkan para santri yang dapat menjawab berbagai tantangan perkembangan zaman serta mampu beradaptasi dengan masyarakat global yang senantiasa mengalami perubahan. Seperti halnya Pondok Pesantren Al Islamiyyah yang berupaya untuk merealisasikan tujuan tersebut dengan diadakannya pembinaan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peramalan (forecasting), penetapan tujuan (establishing objective), pembuatan program (programming), dan penganggaran (budgeting) dalam meningktakan pembinaan santri di Pondok Pesantren Al Islamiyyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsi perencanaan yang dicetuskan oleh Louis A. Allen, ia mengemukakan tahapan dari fungsi perencanaan meliputi peramalan, penetapan tujuan, pembuatan program, dan penganggaran, penjadwalan, pengembangan prosedur, penetapan dan penafsiran kebijaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa fungsi perencanaan Pomdok Pesantren Al Islamiyyah dalam meningkatkan pembinaan santri adalah dengan pembuatan peramalan dengan analisis SWOT yaitu kekuatan (strengths) diantaranya adalah semangat yang tinggi dan kajian Al Qur’an, kelemahan (weakness) antaralain tenaga pendidik, kemampuan santri dalam berbahasa dan tanah yang masih terbatas, peluang (oportunities) antaralain peran alumni, pengesahan undang- undang mengenai pendidikan pondok pesantren, tantangan (threats) yaitu situasi dan kondisi masayarakat. Kemudian penetapan tujuan yang dipusatkan pada visi dan misi dan selanjutnya dikembangkan menjadi penetapan tujuan jangka pendek, menengah, panjang. Pembuatan program dalam pembinaan santri ini terbagi menjadi dua yaitu program umum yang kegiatannya meliputi kajian pembelajaran kitab kuning. Kedua yaitu program khusus diantaranya adalah takhassus agama, program tahfidz dan kehidupan sehari- hari sebagai seorang muslim. Adapun anggaran pembinaan santri di Pondok Pesantren Al Islamiyyah bersumber dari usaha koperasi, SPP, registrasi awal dan bulanan, infaq atau donasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Pondok Pesantren; Pembinaan Santri;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
General Management
General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Zulfiana Laila
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:35
Last Modified: 08 Sep 2023 05:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76330

Actions (login required)

View Item View Item