Sanksi kejahatan pencucian uang dari hasil penipuan aplikasi Binomo menurut Hukum Pidana Islam : Studi putusan no : 1240/pid.sus/2022/pn tng

Ramadhan, Muhammad Parden (2023) Sanksi kejahatan pencucian uang dari hasil penipuan aplikasi Binomo menurut Hukum Pidana Islam : Studi putusan no : 1240/pid.sus/2022/pn tng. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam putusan no:1240/Pid.Sus/Pn Tng terdapat pada putusan yang tidak sesuai dengan hukuman maksimal Tindak Pidana Pencucian Uang yang seharusnya hukuman nya 15 tahun sesuai dengan tuntutan penuntut umum namun kenyataannya hanya 10 tahun, Selain itu hakim juga mengembalikan uang para korban walaupun korban terlibat perjudian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara no:1240/Pid.Sus/Pn Tng; untuk mengetahui akibat hukum dari putusan no:1240/Pid.Sus/Pn Tng; untuk mengetahui sanksi kejahatan pencucian uang dari hasil penipuan aplikasi Binomo menurut Hukum Pidana Islam. Penulis menggunakan kerangka teori gabungan yang menggabungkan antara absolute dan relative. Dan membahas mengenai Sanksi, Tindak Pidana, Pencucian uang, penipuan dan juga aplikasi Binomo menggunakan landasan ayat al-Qur’an surat al-Fath ayat 8 dan juga hadis Nabi mengenai ta’zir. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode penelitian Deskriptif dan jenis data kualitatif, juga metode pengumpulan data melalui studi literatur yaitu untuk memperoleh bahan-bahan sekunder yang diperlukan untuk penelitian yang bersumber berdasarkan buku-buku, media elektronik, pemberitaan, jurnal, hasil putusan persidangan dan juga informasi-informasi lain nya seperti data yang terdokumentasikan melalui jejaring internet ataupun sosial media. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan pertimbangan hakim dalam memutus perkara no: 1240/Pid.Sus/2022/Pn Tng mempertimbangkan unsur formil dan juga unsur materiil, terdakwa telah memenuhi unsur formil dan materiil sesuai dengan pasal 45 ayat 2 dan juga pasal 27 ayat 2 UU ITE, namun hakim mempertimbangkan amar putusan yang tidak sesuai dengan tuntutan umum karena melihat hal-hal yang meringankan, yaitu memiskinkan terdakwa, dengan hukuman kurungan 10 tahun berikut denda 5 milyar; Akibat hukum karena terjadinya tindak pidana penipuan yang dibarengi dengan Tindak Pidana Pencucian Uang yaitu dirampasnya harta kekayaan dan dikembalikan untuk korban dan juga disita untuk kepentingan negara, dengan kata lain sanksi yang diberikan selain penjara dan denda ada konsekuensi hukum berupa dimiskinkan nya terdakwa, berikut hal ini telah sesuai dengan tazir, dimana menempatkan keputusan hukum kepada penguasa; sanksi dari tindak pidana penipuan dan juga tindak pidana pencucian uang berupa hukuma ta’zir karena tidak terdapat dalam al-Quran dan juga Hadis, dengan hukuman yang paling sesuai yaitu hukuman kurungan. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama maliki dan ulama kebanyakan yang mengatakan bahwa ta’zir diserahkan kepada penguasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Binomo; Tindak Pidana Pencucian uang; Penipuan
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
International Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Muhammad Parden Ramadhan
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:06
Last Modified: 08 Sep 2023 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76331

Actions (login required)

View Item View Item