Guluda, Anita Juliana (2023) Pengaruh Electronic Commerce terhadap daya jual Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
Abstract
Era modern saat ini mengirimkan barang dari pintu ke pintu hampir sulit untuk menjangkau jumlah individu sebanyak mungkin. Kombinasi biaya operasional berlebihan dan pemasar yang tidak lagi dapat berkeliling untuk mempromosikan produk mereka adalah alasan utama mengapa sulit menjual barang secara tradisional saat ini. Di dunia sekarang ini, salah satu efek nyata dari pertumbuhan internet ialah pengenalan berbagai jenis E-commerce yang menyediakan berbagai item secara online sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengunjungi toko untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan E-commerce di Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung, tingkat daya jual Usaha Mikro Kecil Dan Menengah setelah menggunakan E-commerce, dan pengaruh penerapan E-commerce terhadap daya jual Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung. Dengan dilakukannya penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi Universitas, Perusahaan, bagi khalayak umum maupun bagi peneliti sendiri.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori modernisasi dari Koentjaraningrat. Seperti teori ini berkaitan dengan judul yang telah di ambil, yaitu tentang berkembangnya keberadaan pusat perbelanjaan dari tradisional ke modern, ini sudah jadi bukti nyata adanya modernisasi ekonomi. Misalnya, dulu manusia menggunakan terompet untuk komunikasi. Sekarang, manusia memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Contoh modernisasi lainnya yang ada di depan mata yaitu Revolusi 4.0. Sederhananya, Revolusi 4.0 merupakan era di mana banyak sekali sektor industri yang mengandalkan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang diukur menggunakan metode berbasis regresi linier sederhana dengan SPSS. Populasi dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang berkolasi di Kelurahan Antapani Kidul pada tahun 2023. Sampel ditentukan menggunakan metode random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 pelaku UMKM. Data yang digunakan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengguna e-commerce di Kelurahan Antapani Kidul, Kota Bandung. Terdapat juga tingkat daya jual Usaha Mikro Kecil Dan Menengah setelah menggunakan E-commerce. Berdasarkan analisis diperoleh informasi bahwa secara parsial indikator E-commerce berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan daya jual. Hasil ini ditandai dengan nilai signfikansi sebesar 0.061.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce; Modernisasi; Pertumbuhan Daya Jual |
Subjects: | Commerce, Trade |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Guluda Anita Juliana Guluda |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76337 |
Actions (login required)
View Item |