Mobilitas sosial pedagang di sekitar Sarana Olahraga Gelora Bandung Lautan Api : Penelitian di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung

Nuraeni, Gita Fitri (2023) Mobilitas sosial pedagang di sekitar Sarana Olahraga Gelora Bandung Lautan Api : Penelitian di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hadirnya Sarana Olahraga Gelora Bandung Lautan Api sebagai salah satu pembangunan kawasan wisata terpadu Gedebage. Pedagang terdorong untuk berjualan dengan melihat lokasi strategis untuk mencari penghasilan. Pedagang seringkali menempati tempat keramaian yang memiliki peluang lebih besar untuk berdagang tanpa memperhatikan aturan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kehidupan pedagang sebelum berjualan di sekitar SOR GBLA, penyebab terjadinya mobilitas sosial pedagang di sekitar SOR GBLA, dan dampak SOR GBLA terhadap mobilitas sosial pedagang yang berjualan di sekitarnya. Teori yang digunakan adalah Teori Mobilitas Sosial dari Pitirim A Sorokin. Teori ini mengatakan perpindahan individu atau kelompok dari satu strata sosial ke stratifikasi sosial lainnya dapat berbentuk peningkatan atau penurunan pada aspek status sosial termasuk segi pendapatan. Sorokin membedakan dua jenis mobilitas sosial, yakni mobilitas sosial Vertikal dan mobilitas Horizontal. Dalam penelitian ini, mobilitas sosial yang dilakukan pedagang di sekitar SOR GBLA termasuk ke dalam bentuk mobilitas sosial Vertikal ke atas, karena adanya peningkatan dalam segi penghasilan atau ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuannya untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh Peneliti, dan dijelaskan secara rinci sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer didapat dari pedagang di sekitar SOR GBLA dan data sekunder dari studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi pada pihak terkait. Kemudian, untuk teknik analisis datanya berawal dari lapangan pada pedagang di sekitar SOR GBLA lalu selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Kehidupan pedagang sebelum berjualan di sekitar SOR GBLA mengalami hambatan dalam perekonomian karena usia yang tak lagi muda, dan suami yang tidak bekerja. Hal itu menyebabkan peralihan menjadi pedagang selain karena faktor status sosial dan ekonomi yang ingin ditingkatkan, faktor demografi pada lokasi penelitianpun strategis. Berdampak positif terhadap pedagang karena terjadi peningkatan penjualan dengan memanfaatkan lokasi untuk berjualan sehingga dapat meningkatan perekonomian dan menjalani kehidupan yang layak. Negatif karena adanya persaingan antar pedagang yang berjualan dan risiko terusir oleh pihak yang berwajib karena pemanfaatan lahan pemerintah secara ilegal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mobilitas Sosial; Perekonomian Pedagang; Sarana Olahraga Gelora Bandung Lautan Api (SOR GBLA)
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Groups
Social Groups > Social Classes
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Gita Fitri Nuraeni
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:22
Last Modified: 08 Sep 2023 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76377

Actions (login required)

View Item View Item