Bimbingan keagamaan untuk membentuk kedisiplinan ibadah siswa : Penelitian pada siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Barokah Kec.Purabay Kab.Sukabumi

Ramadanti, Vera (2023) Bimbingan keagamaan untuk membentuk kedisiplinan ibadah siswa : Penelitian pada siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Barokah Kec.Purabay Kab.Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan selalu dianggap perlu untuk tumbuh kembang anak, terutama dalam urusan ibadah. Dengan mengajarkan kedisiplinan ibadah pada anak tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pengaturan diri dalam kaitanya dengan kewajiban beribadah dan ketaatan yang konsisten terhadap perintahnya dan menjauhi larangannya. Memberikan bimbingan dan pendidikan dapat mengubah cara berperilaku dan berpikir anak agar lebih baik. Maka upaya yang dilakukan pihak lembaga yakni mengadakan bimbingan keagamaan memalui berbagai kegiatan untuk membentuk kedisiplinan ibadah siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program, proses dan hasil dilaksanakan bimbingan keagamaan untuk membentuk kedisiplinan ibadah siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Barokah. Penelitian ini berlandaskan kepada teori bimbingan keagamaan, teori kedisiplinan dan teori ibadah. Digunakannya teori bimbingan keagamaan ini karena dalam kegiatannya menggunakan bimbingan keagamaan, teori kedisiplinan karena salah satu tujuan dari kegiatan tersebut, dan teori ibadah karena tujuan dari program tersebut untuk menjadikan manusia yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan atau menganalisis secara sistematis, faktual, aktual tentang bimbingan keagamaan untuk membentuk kedisiplinan ibadah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan keagamaan yang ada di sekolah SDIT Al Barokah ini yaitu memberikan bimbingan mengenai keagamaan yang didalamnya memberikan pemahaman terkait ibadah dan akhlak. Proses Bimbingan keagamaan menggunakan metode bimbingan kelompok, uswatun hasanah, pembiasaan dan ceramah. Hasil diadakannya bimbingan keagamaan ini menunjukkan bahwa terjadi pem bentukan kedisiplinan ibadah pada siswa, siswa menjadi terbiasa bahkan menjadi sebuah kebutuhan didalam dirinya yaitu melaksanakan ibadah seperti sholat, membaca Al-qur’an dan dzikir. Baik ketika mereka dilingkungan sekolah ataupun ketika diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kedisiplinan; Ibadah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Vera Ramadanti
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:31
Last Modified: 08 Sep 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76385

Actions (login required)

View Item View Item