Bimbingan Tahfidz dengan media Audiotori bagi santri Tunanetra untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an

Nurzannah, Mia (2023) Bimbingan Tahfidz dengan media Audiotori bagi santri Tunanetra untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an mempunyai posisi sumber yang pertama dan utama, berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat muslim di dunia dan akhirat. Kewajiban dalam menjaga dan memelihara Al-Qur’an dapat dilakukan oleh seluruh umat muslim siapa saja tanpa terkecuali. Namun yang terjadi pada masa sekarang, orang yang menghafal Al-Qur’an semakin sedikit seiring dengan berkembangnya zaman, berbeda halnya dengan disabilitas tunanetra, tunanaetra adalah individu yang mengalami keterbatasan dalam penglihatan namun dengan keterbatasan yang dialami membuatnya mampu menghafal dan melafalkan ayat suci Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, program bimbingan tahfidz dengan media audiotori, proses pelaksanaan bimbingan tahfidz dengan media audiotori, hasil dari bimbingan tahfidz dengan media audiotori bagi santri tunanetra untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an.Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa bimbingan tahfidz perlu diadakan agar tidak terdapat perubahan arti Ketika pengucapan ayat Al-Qur’an, adapun media yang digunakan adalah media audiotori, media audiotori merupakan media yang praktis, efektif, dan cepat dalam memahami Al-Qur’an. Sehingga Pondok Pesantren Tahfidz Tunanetra Sam’an Darushudur Bandung.mengadakan program bimbingan tahfidz dengan media audiotori untuk membimbing santri tunanetra dalam meningkatkan hafalan dengan baik dan berkualitas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yatiu bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan keadaan bimbingan tahfidz dengan media audiotori bagi santri tunanetra, yang dilakukan dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada pembimbing tahfidz dan santri tunanetra yang melaksanakan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Tunanetra Sam’an Darushudur.Hasil akhir dari pelaksanaan bimbingan tahfidz dengan media audiotori bagi santri tunanetra untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an terbukti dapat meningkatkan hafalan santri. Hal ini terbukti dari adanya setoran hafalan ayat Al-Qur’an yang diberikan oleh santri kepada pembimbing dalam setiap harinya, begitupun dengan kualitas hafalan santri yang baik dan benar, masing-masing santri dapat meningkat hafalan sebanyak lima ayat dalam satu hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Tahfidz; Santri Tunanetra; Media Audiotori
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mia Fazri Nurjannah
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:32
Last Modified: 11 Sep 2023 09:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76392

Actions (login required)

View Item View Item