Implementasi pasal 40 peraturan daerah Provinsi Jawa Barat no 2 tahun 2017 tentang pengelolaan pertambangan mineral Dan batubara tinjauan siyasah dusturiyah : Studi kasus di Kabupaten Garut

Sidik, Fajar (2023) Implementasi pasal 40 peraturan daerah Provinsi Jawa Barat no 2 tahun 2017 tentang pengelolaan pertambangan mineral Dan batubara tinjauan siyasah dusturiyah : Studi kasus di Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan Permasalahan dalam pengelolaan pertambangan mineral dan batubara yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi penerapan kaidah pertambangan yang baik good mining practices dalam pengelolaan pertambangan, dan kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan yang tidak memperhatikan kaidah teknik pertambangan yang baik dan juga beberapa perusahaan ada yang tidak menerapkan teknik kaidah pertambangan yang baik dengan maksimal, kerusakan sarana prasarana umum akibat aktivitas pertambangan yang tidak diatur dengan baik, serta kurangnya pemahaman dan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tahapan Implementasi Pasal 40 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral Dan Batubara Di Kabupaten Garut; 2) Dampak Implementasi Pasal 40 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2017 Terhadap Keseimbangan Ekonomi Dan Lingkungan Hidup Di Kabupaten Garut; 3) Mengetahui Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Implementasi Pasal 40 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2017 Serta Dampaknya Terhadap Keseimbangan Ekonomi Dan Lingkungan Hidup Di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan beberapa teori antara lain: Teori implementasi kebijakan digunakan untuk memahami proses implementasi kebijakan dan teori pengelolaan penting terkait pengelolaan pertambangan mineral dan batubara .Teori Siyasah Dusturiyah digunakan untuk menganalisis terkait implementasi pasal 40 serta konsep kemaslahatan rakyat dalam ekonomi dan lingkungan hidup dalam dunia pertambangan serta hubungan antara pemimpin dan warga negara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dengan menghimpun dan menganalisis sebuah data, data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data berikutnya dilakukan dengan menggunakan pendekatan Tinjauan Siyasah Dusturiyah yang meliputi aspek implementasi kebijakan, serta dampaknya terhadap keseimbangan ekonomi dan lingkungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tahapan implementasi Pasal 40 peraturan daerah provinsi jawa barat no 2 tahun 2017 ini melibatkan berbagai tahapan seperti tahapan sosialisasi, implementasi dan evaluasi. 2) Dampak implementasi Pasal 40 peraturan daerah provinsi jawa barat no 2 tahun 2017 dalam pelaksanaannya menerapkan teknik kaidah pertambangan yang baik good mining practices serta dampak positif terhadap ekonomi dari pajak, PAD, UMKM serta kesejahteraan pemerataan kesempatan kerja dan dampak negatif terhadap lingkungan hidup terjadinya kerusakan lingkungan. 3) Tinjauan siyasah dusturiyah pasal 40 telah sesuai dengan prinsip dan kaidah siyasah dusturiyah hal ini sesuai dengan dengan prinsip amanah dan konsep maslahat yaitu hifz al-mal, hifz-aql, hifz al-nafs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siyasah Dusturiyah; Implementasi; Pertambangan; Ekonomi; Lingkungan Hidup; Kabupaten Garut
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Production, Industrial Economics
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Revision and Amandement
Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Mining and Related Operations
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Fajar Sidik
Date Deposited: 08 Sep 2023 09:40
Last Modified: 10 Sep 2023 12:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76414

Actions (login required)

View Item View Item