Pengembangan E-LKPD berbasis Multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Usaha dan Energi

Nurlatifah, Irna (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis Multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan E-LKPD berbasis multirepresentasi dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap E-LKPD berbasis multirepresentasi dalam proses pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan desain pembelajaran model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 27 orang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media, E-LKPD berbasis multirepresentasi, soal uraian kemampuan berpikir kritis berbasis multirepresentasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor E-LKPD berbasis multirepresentasi, N-gain dan uji t paired sample test, dan perolehan skor angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) E-LKPD berbasis multirepresentasi dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata 82%; (2) Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan E-LKPD berbasis multirepresentasi sangat efektif dengan persentase rata-rata 87,42%; (3) Penggunaan E-LKPD berbasis multirepresentasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dilihat dari rata-rata N-gain pretest posttest sebesar 0.70 dengan kategori sedang. (4) Respon peserta di dik terhadap E-LKPD berbasis multirepresentasi dikategorikan sangat menarik dengan persentase rata-rata sebesar 85.49%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Berbasis Multirepresentasi; Kemampuan Berpikir Kritis; Usaha dan Energi
Subjects: Physics
Physics > Quantum Mechanics, Quantum Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Irna Nurlatifah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:49
Last Modified: 11 Sep 2023 08:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76440

Actions (login required)

View Item View Item