Pengaruh pola asuh orang tua terhadap Agresivitas remaja di RT 07 RW 04 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung

Agustina, Putri Bayu (2023) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap Agresivitas remaja di RT 07 RW 04 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua, tergantung bagaimana orang tua memperlakukan anaknya, interaksi dengan mereka selama proses pengasuhan akan menimbulkan reaksi yang beragam pada anak, karena ketidak nyamanan keluarga terutama dimasa anak remaja bahkan menjelang dewasa, ia akan cenderung mengalami konflik internal, sehingga menjadi frustasi, bahkan bisa mengalami pergaulan yang tidak sehat. Hal tersebut juga bisa menjadi pemicu adanya perilaku agresif terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap agresivitas remaja di RT 07 RW 04 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Hurlock. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif, dimana peneliti mendapatkan data dari responden dengan cara mengisi angket. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua di RT 07 RW 04 Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung sebanyak 32 orang. Dalam penelitian ini orang tua memiliki beberapa peranan sebagai pembimbing yang baik bagi anak, memiliki tanggung jawab untuk menjaga anak, mengawasi atau mengarahkan anak dan selalu mendisiplinkan anak. Hal tersebut memiliki tujuan agar anak dapat terhindar dari perilaku agresif yang dapat menyerang orang-orang disekitar nya, agresivitas pun terdiri dari dua jenis yakni agresivitas secara verbal dan non verbal. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pola asuh orang tua di RT 07 RW 04 termasuk dalam kategori kurang baik (permisif), serta masih adanya anak remaja yang berperilaku agresif, berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan, bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap agresivitas remaja, diperoleh hasil rhitung sebesar 0.467, kemudian dibandigkan degan nilai rtabel sebesar 0.35 dengan taraf signifikan 5 %. Kemudian dapat dilihat hasil bahwa r hitung > r tabel atau 0.467 > 0.35. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil pearson product moment dapat diketahui nilai signifikansi 0,007 < 0.05 sebesar 21,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Agresivitas; Remaja
Subjects: Education > Psychology of Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Putri Bayu Agustina
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:17
Last Modified: 08 Sep 2023 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76441

Actions (login required)

View Item View Item