Bahasa Jurnalistik pada surat kabar harian : Analisis Framing judul berita pada Rubrik Purwakarta Harian Pasundan Ekspres edisi Februari 2023

Hanafianti, Anggi (2023) Bahasa Jurnalistik pada surat kabar harian : Analisis Framing judul berita pada Rubrik Purwakarta Harian Pasundan Ekspres edisi Februari 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Media massa seringkali tidak memperhatikan tiap penyusunan katanya pada judul maupun isi berita. Hal ini menjadikan persoalan kesalahan pada penulisannya, karena sebenarnnya sebagai seorang jurnalis harus selalu memperhatikan penggunaan bahasa jurnalistik yang di gunakannya dalam penulisan judul maupun isi berita. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui penggunaan bahasa jurnalistik pada judul berita yang diungkapkan oleh dewan pers meliputi penggunaan kalimat aktif pada judul berita, penggunaan kalimat singkat dan padat pada judul berita, dan juga mengetahui kesesuaian judul berita dengan teras berita. Penelitian ini menggunakan konsep bahasa jurnalistik judul berita yang diungkap oleh dewan pers. Metode yang digunakan pada penelitian yakni metode deskriptif kualitatif dengan alasan metode ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara lengkap penyesuaian data yang telah didapat dalam bentuk non numeric. Penelitian ini juga menggunakan paradigma interpretif yang memusatkan perhatiannya pada teks/pesan dengan alasan membantu membahas permasalahan melalui uraian yang jelas dan menggunakan pendekatan kualitatif karena dapat menjawab pertanyaan peneliti melalui cara berpikir. Serta teknik pengumpulan data melalui pengumpulan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dari 26 judul berita yang terbit di rubrik Purwakarta pada edisi bulan Februari 2023 di harian Pasundan Ekspres, Pada penggunaan kalimat aktif pada judul berita dari 26 judul berita, hanya terdapat 2 berita yang menggunakan kalimat aktif. Pada konsep penggunaan kalimat singkat dan padat pada judul berita dari 26 judul berita, sudah terdapat 24 judul berita yang telah menggunakan kalimat singkat dan padan. Dan pada konsep kesesuaian judul berita dengan teras berita dari 26 judul berita, sudah terdapat 23 judul berita yang sesuai dengan teras berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Judul Berita; Surat Kabar
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hanafianti Anggi
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:47
Last Modified: 08 Sep 2023 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76442

Actions (login required)

View Item View Item