Kanta, Madihah (2023) Layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi ketidakdisiplinan siswa : Penelitian di Mts Saadatuddaian Desa Bojong Kulur Gn Putri Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan bermanfaat bagi pendidikan, karir maupun kehidupan sehari-hari bagi remaja. Disiplin berkorelasi dengan kenakalan remaja, fenomena terjadinya ketidakdisiplinan disekolah dikalangan remaja khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, diawali dengan tidak mengikuti peraturan sesuai dengan ketentuan sekolah, membolos, terlambat dan masih banyak lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi kedisiplinan di MTS Saadatuddaian Desa Bojong Kulur Gn Putri Kabupaten Bogor, (2) Pelaksanaan bimbingan kelompok di MTS Saadatuddaian Desa Bojong Kulur Gn Putri Kabupaten Bogor, (3) Hasil dari pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengatasi kenakalan remaja. Landasan pemikiran ini didasari pada teori bimbingan kelompok merupakan upaya bantuan terahadap individu dilaksanakan dengan terencana melalui dinamika kelompok sehingga dapat mengembangkan pribadi, karir dan kegiatan hubungan sosialnya dalam mencegah dan mengatasi masalah dengan tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan kualitatif, dimana peneliti menjelaskan penelitian dengan menggambarkan fenomena-fenomena dan memberikan wawasan yang mendalam secara deskrpsi dengan detail tentang fenomena tersebut. Melalui teknik observasi dan wawancara secara mendalam. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa setelah melakukan bimbingan kelompok, Guru Bimbingan dan Konseling mengamati perubahan sikap yang terjadi pada siswa, meskipun hasilnya belum sepenuhnya efektif dan sukses. Beberapa siswa masih terlibat dalam perilaku ketidakdisiplinan. Selain itu, bimbingan kelompok ini bersifat kuratif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; Ketidakdisiplinan; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Madihah Kanta Kanta |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:52 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76449 |
Actions (login required)
View Item |